Kabar Kota Bima

UT Mataram Sosialiasi Program Studi Pendidikan, Siap Cetak Lulusan Berkualitas

803
×

UT Mataram Sosialiasi Program Studi Pendidikan, Siap Cetak Lulusan Berkualitas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Universitas Terbuka (UT) Mataram menggelar sosialisasi program studi pendidikan untuk tahun ajaran 2024-25. Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan agenda wisuda siswa SMA terbuka tingkat Kota dan Kabupaten Bima, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Jumat 24 Mei 2024.

UT Mataram Sosialiasi Program Studi Pendidikan, Siap Cetak Lulusan Berkualitas - Kabar Harian Bima
Direktur Universitas Terbuka (UT) Mataram Heriyanto saat menyampaikan sambutan. Foto: Eric

Tampak hadir pada kegiatan dimaksud, Direktur UT Mataram Heriyanto, Kepala Dinas Dikbud NTB H Aidy Furqan, perwakilan KCD Dikbud Bima, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin, serta perwakikan kepala sekolah di Kota dan Kabupaten Bima.

UT Mataram Sosialiasi Program Studi Pendidikan, Siap Cetak Lulusan Berkualitas - Kabar Harian Bima

Direktur UT Mataram Heriyanto menyampaikan, kehadiran UT sejak 40 tahun yang lalu telah membawa kemajuan di bidang pendidikan, karena dari Program Studi (Prodi) yang ada mampu menciptakan alumni berkualitas, namun dengan biaya murah dan segala kemudahan.

“UT juga memiliki sistem perkuliahan yang fleksibel, karena cepat menyesuaikan diri dimana mahasiswa bisa mengikuti jam belajar tanpa harus ke kampus. Artinya sambil bekerja dimanapun, tetap bisa mengikuti perkuliahan,” ujarnya.

Heriyanto menjelaskan, dengan hadirnya para pimpinan satuan pendidikan dan juga guru dalam sosialisasi tersebut, tentu memudahkan penyebarluasan informasi akan keunggulan dan manfaat meneruskan ilmu pendidikan melalui UT. Artinya dia berharap informasi ini disampaikan kembali pada para guru dan juga pelajar, agar bisa melanjutkan sekolah melalui perguruan tinggi negeri.

Untuk memilih perguruan tinggi, tentu UT adalah solusinya, karena memiliki sejumlah keunggulan di antaranya tidak membatasi usia seseorang untuk berkuliah, kemudian tidak membatasi apakah seseorang sudah bekerja atau tidak bekerja karena bisa berkuliah secara jarak jauh, lalu belajar bisa secara sistem online, biaya terjangkau dan sejumlah manfaat lainnya.

“Sesuai dengan slogan kami yaitu kuliah oke, kerja oke,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB H Aidy Furqan menambahkan, dengan kehadiran UT Mataram tentu menjadi jawaban bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, terutama yang masih kesulitan kuliah secara reguler.

Yang berprofesi sebagai nelayan, petani, peternak dan profesi lainnya bisa ikuti kuliah di UT karena banyak kemudahan yang diberikan bagi peserta didik, sehingga bagi yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi sangat terbuka lebar.

“UT Mataram adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi negeri yang memberikan kesempatan kepada anak-anak lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Bahkan bukan hanya setingkat S1, namun bagi yang ingin melanjutkan S2 dan juga S3,” imbuhnya.

Aidy berharap pada kepala sekolah dan juga yang hadir bisa mensosialisasikan UT ini pada satuan pendidikan masing-masing, sehingga generasi emas bangsa bisa terus melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Apalagi, pihaknya juga telah mengembangkan SMA terbuka, yang saat ini baru saja menggelar wisuda pertama.

“Bagi siswa yang baru diwisuda kami sampaikan ucapan selamat, semoga apa yang diraih bisa bermanfaat. Bahkan jika bisa bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, agar bisa meraih cita-cita yang didambakan,” pungkasnya.

*Kahaba-04