Kabar Kota Bima

255 Jemaah Calon Haji Kota Bima Diberangkatkan Mei 2024

1402
×

255 Jemaah Calon Haji Kota Bima Diberangkatkan Mei 2024

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Agama (Kemenag) RI merilis untuk tahun 2024, sebanyak 598 kelompok terbang (kloter) haji yang diberangkatkan pada masa ibadah haji 1445 H/2024 M. Kemudian dari jumlah kloter itu, NTB disediakan jatah 13 kloter.

255 Jemaah Calon Haji Kota Bima Diberangkatkan Mei 2024 - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag H Eka Iskandar menyampaikan, kuota Jemaah Calon Haji (JCH) untuk Kota Bima di tahun ini sebanyak 255 orang. Terkait rencana jadwal keberangkatan ke tanah suci, saat ini masih menunggu rapat koordinasi dengan Kanwil Kemenag NTB.

255 Jemaah Calon Haji Kota Bima Diberangkatkan Mei 2024 - Kabar Harian Bima

“Informasi awal, jadwal keberangkatan diperkirakan pada awal bulan Mei 2024,” ujarnya, Selasa 9 Januari 2024.

Eka menjelaskan, kepastian keberangkatan JCH tersebut tentunya setelah semua persyaratan administrasi dan biaya keberangkatan selesai. Di antaranya yang sangat penting syarat sehat jasmani dan rohani, agar bisa melaksanakan setiap rangkaian ibadah haji di negara Arab Saudi.

“Saat ini para JCH sedang mengurus surat keterangan sehat di rumah sakit atau puskesmas. Selanjutnya mengurus administrasi kelengkapan lainnya, seperti pembayaraan biaya haji sekitar Rp 56 juta lebih,” katanya.

Ia menambahkan, dari 255 kuota JCH yang diberikan pemerintah pusat, dimungkinkan juga akan ada penambahan jatah JCH cadangan. Seperti pada tahun lalu terdapat 30 lebih orang JCH cadangan yang bisa ikut berangkat ke tanah suci, karena terdapat JCH kuota awal yang tidak bisa ikut karena alasan sakit dan lainnya.

“Untuk informasi lebih lanjut, kami meminta pada JCH untuk mendatangi kantor Kemenag setempat, agar bisa mendapatkan informasi lebih jelas,” tambahnya.

*Kahaba-04