Kabar Kota BimaPemilu

Pj Wali Kota Bima: Tanpa Netralitas ASN, Pilkada tak Akan Berjalan Baik

4
×

Pj Wali Kota Bima: Tanpa Netralitas ASN, Pilkada tak Akan Berjalan Baik

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pj Wali Kota Bima, H Mukhtar menghadiri sosialisasi pengawasan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024, di Rumah Dinning, Kamis 26 September 2024.

Pj Wali Kota Bima: Tanpa Netralitas ASN, Pilkada tak Akan Berjalan Baik - Kabar Harian Bima
Pj Wali Kota Bima H Mukhtar saat menghadiri kegiatan Bawaslu Kota Bima. Foto: Ist

Tujuan dari sosialisasi ini adalah memastikan ASN tetap netral dalam proses pemilihan umum, mengingat peran penting yang mereka miliki dalam menjaga profesionalisme dan integritas selama masa kampanye dan pemilihan.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Bima menekankan pentingnya netralitas ASN untuk menjaga kepercayaan publik serta memastikan proses demokrasi berjalan adil tanpa adanya intervensi dari pihak-pihak yang memiliki kekuasaan di pemerintahan. ASN diimbau untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap fokus menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya ingin memastikan bahwa ASN tetap netral. Tanpa netralitas ASN, jangan berharap pilkada bisa berjalan dengan baik, aman, lancar, dan sukses,” tegasnya.

Mukhtar juga menekankan pentingnya kesadaran ASN terhadap tanggung jawab mereka dalam menjaga netralitas, serta mencegah tindakan yang dapat mempengaruhi hasil pemilihan atau merugikan diri sendiri.

“Saya sendiri, sebagai Penjabat Wali Kota, memastikan diri untuk netral 100 persen. Ini kewajiban. Hukuman terberat bagi ASN yang melanggar netralitas adalah diberhentikan dari jabatannya,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, di mana para peserta sosialisasi diberi kesempatan untuk menyampaikan ide, saran, serta pandangan mereka terkait netralitas ASN selama proses pemilu.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai pentingnya netralitas ASN demi keberhasilan pelaksanaan Pilkada 2024.

*Kahaba-01