Pemilu

Bawaslu Rakor Persiapan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol

1354
×

Bawaslu Rakor Persiapan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan fasilitasi pelatihan saksi partai politik (Parpol), pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2024.

Bawaslu Rakor Persiapan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol - Kabar Harian Bima
Kegiatan Rakor persiapan fasilitasi pelatihan saksi partai politik pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024. Foto: Eric

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumadinning Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Sabtu 9 Desember 2023 dihadiri Ketua Bawaslu Atina, serta perwakilan 18 Parpol, Pengawas Kelurahan (PK) wilayah Rasanae Timur dan Raba.

Ketua Bawaslu Kota Bima Atina menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari langkah untuk mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang demokratis dan bermartabat.

“Acara ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan perlu dilaksanakan, guna mempersiapkan sumber daya manusia dalam mengawal pemilu pada tahun mendatang semakin baik dan berintegritas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelatihan saksi Parpol merupakan salah satu bekal agar saat pelaksanaan pemungutan, penghitungan serta pengawasan dapat berjalan dengan baik.

“Untuk pengawasan pada lingkup kecamatan dan kelurahan, bisa menjadi motivasi agar meningkatkan kinerja dalam mengawal proses Pemilu,” katanya.

Atina menambahkan, untuk tugas saksi saat pelaksanaan tahapan Pemilu bukan hanya menyaksikan pungut hitung, tapi sama seperti pengawas Pemilu, juga menjaga suara masyarakat, hak pilih, dan TPS tempat masyarakat memilih.

“Melalui kegiatan Rakor ini kami ingin memastikan seluruh stakeholder yang terlibat dalam tahapan Pemilu, bisa mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 mulai dari tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tambahnya.

*Kahaba-04