Kabar Kota Bima

Bidang Tata Ruang Targetkan Sejumlah Program Prioritas Tuntas di Tahun 2024

593
×

Bidang Tata Ruang Targetkan Sejumlah Program Prioritas Tuntas di Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Bima menargetkan sejumlah program penting di Tahun 2024, untuk meningkatkan kualitas tata ruang dan keselamatan kerja di kota tersebut.

Bidang Tata Ruang Targetkan Sejumlah Program Prioritas Tuntas di Tahun 2024 - Kabar Harian Bima
Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Bima, Yuliarti Nurul Kusuma Wardani. Foto: Bin

Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Kota Bima, Yuliarti Nurul Kusuma Wardani mengungkapkan, salah satu prioritas utama adalah revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Kami berharap revisi ini bisa selesai tahun ini, karena masih menunggu persetujuan substansi dari Menteri ATR BPN,” ujarnya, Kamis 13 Juni 2024.

Selain revisi RTRW, pihaknya juga fokus pada penyelesaian Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk Kecamatan Raba, Asakota, dan Rasanae Timur.

Sementara 2 kecamatan lain yakni Mpunda dan Rasanae Timur, RDTR-nya sudah selesai sejak tahun 2021 dan telah terintegrasi dalam Online Single Submission (OSS) untuk mempermudah perizinan.

“Jadi untuk progres 3 kecamatan itu tinggal rapat lintas sektoral di Kementerian ATR BPN,” jelasnya.

Program lain sambungnya, dalam waktu dekat, Bagian Tata Ruang juga akan mengadakan pelatihan Sertifikat Keahlian Kerja untuk rekanan dan kontraktor yang akan mengerjakan proyek pembangunan di Kota Bima.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan tenaga kerja memiliki sertifikasi keahlian yang diperlukan,” terangnya.

Selain itu, program monitoring Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi tukang juga menjadi prioritas. Program ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat bekerja, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat.

“Dengan adanya program-program ini, diharapkan masyarakat Kota Bima dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan turut serta dalam pembangunan yang berkelanjutan,” tambah Yuliarti.