Kabar Kota Bima

BKPSDM Kota Bima Gelar Ujian Penyesuaian Ijazah ASN

1240
×

BKPSDM Kota Bima Gelar Ujian Penyesuaian Ijazah ASN

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- BPKSDM Kota Bima menggelar pelaksanaan ujian penyesuaian ijazah Aparatur Sipil Negara (ASN), yang dipusatkan di aula SMPN 1 Kota Bima, Senin 22 April 2024.

BKPSDM Kota Bima Gelar Ujian Penyesuaian Ijazah ASN - Kabar Harian Bima
ASN Kota Bima saat mengikuti ujian penyesuaian ijazah bagi ASN di SMPN 1 Kota Bima. Foto: Eric

“Ujian ini diikuti sebanyak 25 orang ASN dengan beberapa tingkat mulai dari DIII, S1 dan S2,” sebut Kepala BKPSDM melalui Kabid Pengembangan SDM dan Penilaian Kinerja A Rosyd A Rum.

BKPSDM Kota Bima Gelar Ujian Penyesuaian Ijazah ASN - Kabar Harian Bima

Rosyid menjelaskan, pelaksanaan ujian dimaksud agar dapat dijadikan barometer dan mengukur kelayakan pegawai agar mendapat kenaikan pangkat. Artinya test ini untuk mengukur dan melihat kualitas serta kapabilitas sebagai abdi negara.

“Untuk materi ujian sendiri dipilih panitia pusat, seperti pengetahuan umum, Pancasila dan UUD 1945, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan materi lain,” katanya.

Rosyd menambahkan, untuk sistem ujian menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Para peserta bisa mengetahui langsung nilai yang diperoleh. Sementara penilaian, sudah ada standar yang telah ditetapkan oleh panitia.

“Bagi yang dinyatakan lulus, maka akan mendapatkan sertifikat penyesuaian ijazah. Kemudian yang tidak, bisa mengikuti ujian pada tahun berikutnya,” tambah Rosyd.

*Kahaba-04