Kabar Kota Bima

BPBD Kolaborasi Lintas Dinas Bahas Inovasi Sekolah Aman Bencana

339
×

BPBD Kolaborasi Lintas Dinas Bahas Inovasi Sekolah Aman Bencana

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima bersama Dinas Dikbud, Dinas Kesehatan dan DPPPA duduk bersama membahas inovasi sekolah aman bencana, Senin 30 Januari 2023.

BPBD Kolaborasi Lintas Dinas Bahas Inovasi Sekolah Aman Bencana - Kabar Harian Bima
Pembahasan Inovasi Sekolah Aman Bencana. Foto: Bin

Kepala BPBD Kota Bima Gufran usai rapat menjelaskan, pada pertemuan tersebut terdapat beberapa poin yang dibahas, seperti fasilitas sekolah aman merupakan fasilitas sekolah dengan gedung, isi gedung dan halaman sekitarnya memenuhi persyaratan keselamatan, kesehatan, kemudahan termasuk kelayakan bagi Anak berkebutuhan khusus.

“Tadi juga membahas pemberian pedoman bagi pengelola dan tenaga kependidikan sekolah dalam mengkaji risiko dan merencanakan, serta melaksanakan upaya-upaya perlindungan fisik,” jelasnya.

Selain itu, yang menjadi materi pembahasan yaitu, mengembangkan keterampilan dan mempersiapkan perlengkapan kebencanaan
untuk kesiapsiagaan. Kemudian, pembahasan bencana dan kedaruratan, tanggap darurat, dan pemulihan cepat.

Lalu mendukung upaya sekolah dalam menyusun SOP (Prosedur Operasional Standar atau POS) atau rencana kontinjensi yang spesifik bagi keperluan setempat dan
merefleksikan praktik-praktik baik nasional maupun internasional. Kemudian melakukan simulasi dan pelatihan penanganan bencana tingkat sekolah

“Muara akhirnya adalah kegiatan ini menjadi inovasi bersama dalam membangun sekolah yang berkualitas, yang ramah anak, terpenuhi segala sisi kesehatannya serta aman dari bencana,” katanya.

*Kahaba-01