Kabar Kota Bima

BPBD Kota Bima Gelar Sosialisasi, TSBK Diminta Verifikasi dan Validasi Data Korban Bencana

742
×

BPBD Kota Bima Gelar Sosialisasi, TSBK Diminta Verifikasi dan Validasi Data Korban Bencana

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima mengadakan kegiatan Sosialisasi, Edukasi, dan Upaya Mitigasi Bencana di aula kantor BPBD, Kamis 4 Juli 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) dari seluruh kelurahan se-Kota Bima.

BPBD Kota Bima Gelar Sosialisasi, TSBK Diminta Verifikasi dan Validasi Data Korban Bencana - Kabar Harian Bima
Kegiatan sosialisasi, edukasi dan upaya mitigasi bencana yang digelar BPBD Kota Bima. Foto: Bin

Kepala BPBD Kota Bima melalui Analis Bencana Imawan Muslimin saat sambutan meminta para relawan untuk bekerja dengan data yang valid dan akurat mengenai warga yang benar-benar terdampak bencana.

“Verifikasi dan validasi data korban bencana sangat penting untuk BPBD dalam meningkatkan status kebencanaan dan mempercepat laporan serta pelayanan bagi masyarakat yang terdampak,” ujar Imawan.

Imawan menekankan pentingnya peran TSBK di masing-masing kelurahan dalam menyelesaikan masalah di lapangan. Dirinya juga mendorong penguatan peran TSBK dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan.

Selain itu sambungnya, TSBK adalah ujung tombak di masing-masing kelurahan saat bencana terjadi. Maka penting bagi TSBK untuk melaksanakan kegiatan simulasi, terutama di sekolah-sekolah, sebagai langkah awal untuk memberi pemahaman kepada anak-anak mengenai mitigasi bencana dan langkah antisipasi dini.

“Dengan pemahaman yang baik tentang mitigasi bencana, diharapkan saat bencana terjadi, sekolah-sekolah akan aman dari berbagai risiko bencana,” jelasnya.

Imawan menambahkan, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan peran aktif TSBK dan masyarakat dalam upaya mitigasi bencana, sehingga Kota Bima dapat lebih tanggap dan responsif terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.

*Kahaba-01