Kabar Kota Bima

Dinilai Tim Akreditasi, PKM Paruga Optimis Raih Status Paripurna

868
×

Dinilai Tim Akreditasi, PKM Paruga Optimis Raih Status Paripurna

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima bersama Dinas Kesehatan (Dikes) menerima kunjungan Tim Surveyor Akreditasi,  di Aula Kantor Puskesmas (PKM) Paruga Kelurahan Dara, Senin 18 September 2023.

Dinilai Tim Akreditasi, PKM Paruga Optimis Raih Status Paripurna - Kabar Harian Bima
Foto bersama usai kegiatan penilaian Tim Akreditasi di PKM Paruga. Foto: Eric

Turut hadir Asisten I Setda H Alwi Yasin, Kepala Dikes Ahmad, Kepala PKM Nurahdiah, surveior akreditasi PT Lipa Mitra Nusa Jawa Timur Soemartono dan Hj Dwidia Mertasari, serta perwakilan Lurah, Camat serta Tenaga Kesehatan (Nakes) lingkup Kota Bima.

Dinilai Tim Akreditasi, PKM Paruga Optimis Raih Status Paripurna - Kabar Harian Bima

Kepala PKM Paruga Nurahdiah dalam sambutan menyampaikan, kegiatan penilaian akreditasi ini akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan, 18-20 September 2023. Penilaian akreditasi ini merupakan kegiatan yang penting dilakukan, agar mutu atau kualitas pelayanan dapat diintegrasikan dalam sistem pelayanan di Puskesmas.

“Selamat datang 2 surveyor akreditasi, kehadiran ini tentu menjadi motivasi kami untuk memacu puskesmas agar memenuhi standar yang telah disesuaikan, kemudian ditetapkan strata akreditasi,” ujarnya.

Guna mempersiapkan diri menerima kedatangan tim, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan maksimal dalam beberapa bulan terkahir. Baik itu administrasi, peningkatan sarana dan prasarana PKM, mutu pelayanan kesehatan serta kesiapan lainnya.

Dirinya juga mengungkapkan, pada tahun 2023 PKM Paruga memiliki 7 inovasi dengan nilai rata-rata 99.30, kemudian mendapat kunjungan dari Wali Kota Bima, Ketua MK hingga jajaran DPRD. Tentu dengan kehadiran pejabat tinggi ini, dapat menjadi nilai plus bagi tim akreditasi dalam memberikan penilaian.

“Mengenai hasil penilaian oleh tim akreditasi nanti, jadi pemicu jajaran PKM Paruga untuk terus memacu peningkatan pelayanan Puskesmas. Baik itu dari sisi kualitas pegawai serta pelayanan kesehatan yang maksimal, dan kami optimis hasilnya akreditasi berstatus paripurna,” katanya.

Sementara itu, Asisten I Setda H Alwi Yasin menyampaikan apresiasi dan bangga terhadap kinerja Dikes dan juga PKM Paruga, yang telah jauh hari mempersiapkan sarana yang akan dinilai oleh tim surveyor.

Pemerintah daerah terutama OPD teknis seperti Dikes sudah sangat siap dengan apa yang menjadi syarat akreditasi ini, sehingga persiapan telah dikerjakan secara maksimal.

“Bidang kesehatan kami minta untuk terus berinovasi dan berkreasi, serta terus meningkatkan pelayanan dasar untuk masyarakat,” tegasnya.

*Kahaba-04