Kabar Kota Bima

DP3A Terus Minimalisir Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak

599
×

DP3A Terus Minimalisir Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Bima terus melakukan upaya, guna menekan tindak kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak pada tahun 2023.

DP3A Terus Minimalisir Tindak Kekerasan Perempuan dan Anak - Kabar Harian Bima
Kepala DPPPA Kota Bima Syahruddin. Foto: Bin

Kepala DP3A Kota Bima Syahruddin menyampaikan, selama 3 tahun terakhir melakukan sejumlah program terobosan agar tingkat kekerasan pada perempuan dan anak bisa diminimalisir.

Program dimaksud melalui pemberdayaan dengan memberikan bantuan peningkatan ekonomi sesuai keahlian masyarakat, kemudian pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak berupa pembinaan pada masyarakat, dan rapat lintas sektor hingga sosialisasi secara intens tentang hak perempuan dan anak sesuai aturan yang berlaku.

“Selain itu juga kami rutin laksanakan Bimtek PATBM dan Satgas PPA yang ada disetiap kelurahan. Kemudian mendampingi korban kekerasan, manajemen kasus dan upaya pencegahan lebih dini,” paparnya, Kamis 5 Januari 2023.

Sesuai data Tahun 2020 kata dia, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak ada 110 kasus, kemudian Tahun 2022 menurun sebanyak 54 kasus, sedangkan tahun 2022 masih proses pengumpulan data.

Masyarakat Kota Bima juga melaporkan melalui SIRAP setiap kasus-kasus kekerasan perempuan dan anak, serta secara cepat dan tuntas DP3A melalui UPTD guna menindaklanjuti laporan tersebut.

“Melalui sejumlah langkah dan program penanganan kasus yang terus kami laksanakan, optimis angka kekerasan tidak merangkak naik terlalu jauh,” katanya.

Syahruddin menambahkan, berkat kerja keras DP3A bersama instansi teknis lainnya, pada Tahun 2022 Kota Bima mendapat predikat Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya. Tentu ini naik setingkat dibandingkan tahun Tahun 2021 mendapat kategori Pratama. Sedangkan target Tahun 2023 berupaya mendapatkan penghargaan kategori lebih baik.

*Kahaba-04