Kabar Kota Bima

Kerjasama dengan Telkom, Wali Kota Bima Launching Wifi RW

495
×

Kerjasama dengan Telkom, Wali Kota Bima Launching Wifi RW

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah melalui sejumlah tahapan pengerjaan, akhirnya Pemerintah Kota Bima dengan bekerjasama dengan Kantor Daerah Telkom (Kandatel) Bima melaksanakan kegiatan launching program WiFi RW se-Kota Bima.

Kerjasama dengan Telkom, Wali Kota Bima Launching Wifi RW - Kabar Harian Bima
Foto bersama Wali Kota Bima dan jajaran Telkom Bima usai acara launching WiFi RW. Foto: Eric

Acara yang dipusatkan di Kelurahan Paruga, Jumat 3 Februari 2023 tersebut dihadiri Walikota Bima HM Lutfi, Asman Suport Telkom Bima Yati Sartika, Kadis Kominfotik H Mahfud, Lurah Paruga Arif Rahman, Camat Rasanae Barat Hj Suharni serta perwakilan kepala OPD dan lurah.

Kerjasama dengan Telkom, Wali Kota Bima Launching Wifi RW - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Kominfotik H Mahfud dalam laporan menyampaikan, saat ini progres pemasangan WiFi terus ditingkatkan tiap lingkungan RW. Berdasarkan hasil koordinasi sementara, saat ini telah terpasang ratusan titik WiFi dari 212 RW se-Kota Bima.

“Rinciannya adalah 150 titik WiFi telah terpasang di RW, dan 30 titik lainnya di rumah aspirasi dan area publik,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Asman Suport Kandatel Bima Yati Sartika menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Kota Bima yang telah mempercayakan Telkom untuk menjalin kerjasama dalam program tersebut.

“Saat ini dari 150 titik yang telah terinstalasi dan terpasang, baru 50 persen yang aktif. Tapi kami optimis 100 persen akan akan rampung dalam dua hari ke depan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan komitmen untuk membangun jaringan internet di Kota Bima tentu akan dituntaskan juga pada tahun 2023, mengingat masih ada sejumlah titik WiFi tingkat RW yang belum terpasang. Penambahan pemasangan titik ini akan terus dikomunikasikan dengan instansi terkait, agar pengerjaannya bisa diselesaikan.

“Melalui adanya kerjasama ini, Telkom juga siap berkerjasama dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah melalui pelaksanaan ide dan program lainnya. Sehingga bisa terus bersinergi dalam membangun Kota Bima yang lebih maju dan berkembang,” pungkasnya.

Yati menambahkan, setelah program WiFi ini tuntas dikerjakan, tentu akan ada beberapa kendala selama penggunaannya, baik itu karena cuaca dan hal teknis lainnya.

Kerjasama dengan Telkom, Wali Kota Bima Launching Wifi RW - Kabar Harian Bima
Penyerahan Plakat oleh Asman Suport Kandatel Bima Yati Sartika ke Wali Kota Bima 

Untuk itu masyarakat bisa menyampaikan laporan, agar bisa ditindaklanjuti dengan melakukan pengecekan hingga perbaikan kualitas jaringan.

“Komitmen Telkom untuk membangun jaringan komunikasi yang baik dan berkualitas adalah prioritas, agar pelayanan dan penyampaian akses informasi bisa langsung dirasakan masyarakat dan juga intansi pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bima HM Lutfi menjelaskan, pemasangan WiFi tersebut merupakan komitmennya dalam membangun smart city sesuai dengan visi dan misi yang telah dicetuskan.

“Membangun smart city akan terus ditingkatkan, agar pelayanan bisa maksimal tersampaikan pada pemerintah dan segera ditindaklanjuti,” katanya.

Lutfi menjelaskan, sejumlah pembangunan terus digenjot untuk memaksimalkan tata pemerintahan yang baik, terutama peningkatan pelayanan fasilitas publik. Seperti dibangunnya Command Center, bantuan handphone untuk RT, hingga pemasangan WiFi ini semua demi peningkatan pelayanan pemerintah untuk masyarakat.

“Dengan adanya WiFi ini, masyarakat bisa langsung menyampaikan informasi terkini tentang kondisi lingkungan. Sekaligus juga bisa mengetahui kinerja pemerintah kelurahan maupun instansi terkait, tentang apa saja yang telah mereka kerjakan,” imbuhnya.

Mantan anggota DPR RI dua periode itu optimis, ke depannya pemerintah akan memprioritaskan program pemasangan CCTV disetiap titik dan sufut strategis kota, guna memantau setiap aktifitas terutama kondisi kamtibmas.

*Kahaba-04