Kabar Kota Bima

Lingkungan Bebas Sampah, Wali Kota Bima Keluarkan Surat Edaran

370
×

Lingkungan Bebas Sampah, Wali Kota Bima Keluarkan Surat Edaran

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Wali Kota Bima HM Lutfi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gerakan Pungut dan Pilah Sampah Dari Rumah Bagi ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima. Surat dengan Nomor 018/74/II/DLH/2023 yang dikeluarkan tanggal 28 Februari 2023 itu diedarkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah.

Lingkungan Bebas Sampah, Wali Kota Bima Keluarkan Surat Edaran - Kabar Harian Bima
Walikota Bima HM Lutfi saat kunjungan kerja di Dinas Perhubungan. Foto: Dok Hum

Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima H Mahfud menjelaskan, surat edaran tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan, mengedukasi dan mensosialisasikan kepada seluruh ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Lingkungan Bebas Sampah, Wali Kota Bima Keluarkan Surat Edaran - Kabar Harian Bima

“Salah satu hal yang harus dilakukan yaitu melakukan swafoto (selfie) dengan sampahnya dan diupload ke media sosial masing-masing untuk menjadi contoh dan teladan bagi seluruh birokrasi dan bagi masyarakat umum,” ujarnya, Rabu kemarin.

Selain itu juga, sebagai motivasi kepada orang lain untuk menciptakan lingkungan yang bebas sampah, membentuk masyarakat agar menjaga lingkungan bebas sampah, dan manajemen praktik dalam pemilahan sampah organik dan non organik secara mandiri.

Mahfud menjelaskan, surat edaran Wali Kota Bima mengingatkan kembali kepada semua tentang kebersihan, dalam agama disebutkan kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap orang yang tinggal di dalam lingkungan hidup.

“Lingkungan hidup yang bersih, menciptakan rasa kenyamanan serta kesehatan bagi setiap individu yang tinggal didalamnya,” ungkap Mahfud.

Ia menambahkan, bayangkan saja, seandainya lingkungan hidup yang kotor, maka rasa tidak nyaman akan menghampiri. Kemungkinan timbulnya berbagai penyakit pun lebih besar dibandingkan dengan lingkungan hidup yang bersih.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima, Ayief Rustaman mengatakan, dalam lingkungan hidup, penting untuk menjaga kesadaran dalam menjaga kebersihan, menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri, kebersihan diri merupakan cermin kehidupan seseorang.

“Edaran Pak Walikota Bima tentang Gerakan Pungut dan Pilah Sampah Dari Rumah Bagi ASN dan Tenaga Non ASN Lingkup Pemerintah Kota Bima sangat membantu layanan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima,” ujar Ayief.

Dia mengatakan, kerja petugas di lapangan sudah maksimal dengan melakukan layanan rutin pagi dan sore, layanan siaga rutin, layanan siaga minggu, bahkan layanan khusus serta layanan menjemput sampah di setiap OPD yang telah dikumpulkan dan dipilah oleh ASN dan Non ASN dari rumah dalam menjaga kebersihan.

“Faktor utama yang sangat berpengaruh agar lingkungan masyarakat terlihat bersih adalah kesadaran masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

*Kahaba-01