Kabar Kota Bima

Pastikan Pemilu Aman dan Tertib, Bakesbangpol Intens Turun Pantau

1379
×

Pastikan Pemilu Aman dan Tertib, Bakesbangpol Intens Turun Pantau

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) terus intens melaksanakan kegiatan pemantauan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai prosedur.

Pastikan Pemilu Aman dan Tertib, Bakesbangpol Intens Turun Pantau - Kabar Harian Bima
Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim. Foto: Ist

Kepala Bakesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim menyampaikan, pengawasan tersebut guna memberikan daya dukung sumber daya kepada instrumen penyelenggara Pemilu, seperti KPU dan Bawaslu untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024 berjalan dengan tertib dan aman.

Pastikan Pemilu Aman dan Tertib, Bakesbangpol Intens Turun Pantau - Kabar Harian Bima

“Kami bersama stakeholder terus lakukan pemantauan di lapangan, dan alhamdulillah situasi kondusif dan tertib,” ungkapnya, Kamis 1 Februari 2024.

Hasyim menjelaskan, selama pemantauan pihaknya juga mensosialisasikan pada masyarakat, agar ikut berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu. Terutama masyarakat agar bisa memupuk kebersamaan, meskipun ada perbedaan pilihan, namun tetap menjaga silaturahmi.

“Dalam hal pengawasan secara umum bersama instrumen negara lainnya, kami melakukan pengawasan di setiap tahapan Pemilu untuk menjaga agar kompetisi para kandidat berlangsung fair dan elegan. Kemudian juga menawarkan program sebagai solusi atas setiap problematika yang dihadapi masyarakat khususnya di daerah,” katanya.

Hasyim menambahkan, secara internal pemerintah daerah juga melakukan penguatan lembaga untuk menjaga marwah para aparatur negara, agar tidak memihak atau terjun langsung dalam dinamika politik praktis.

“Netralitas ASN menjadi pertaruhan yang sangat menentukan terhadap kredibilitas penyelenggara negara, sehingga netralitas ASN hukumnya wajib dipatuhi dan dilaksanakan,” tegasnya.

*Kahaba-04