Kabar Kota Bima

Pawai Rimpu Sukses, Raup Omzet Ratusan Juta

1862
×

Pawai Rimpu Sukses, Raup Omzet Ratusan Juta

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pawai Rimpu dalam rangka HUT ke-21 Kota Bima berjalan sukses. Agenda yang dilaksanakan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) itu telah menggerakkan geliat ekonomi masyarakat.

Pawai Rimpu Sukses, Raup Omzet Ratusan Juta - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima Abdu Haris. Foto: Dok Hum

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Abdul Haris menyampaikan, berdasarkan hasil survei pasca pelaksanaan Pawai Rimpu oleh Tim, diperoleh data bahwa dampak dari festival tersebut untuk UMKM sangat positif. Terbukti dengan omzet yang mencapai ratusan Juta.

Pawai Rimpu Sukses, Raup Omzet Ratusan Juta - Kabar Harian Bima

Untuk usaha tenun satu pekan sebelum kegiatan pawai, total omzet penjualan dari 11 Usaha tenun yang didata mencapai Rp 337 juta. Sedangkan untuk omzet penjualan UMKM yang difasilitasi oleh Dinas Koperindag saat bazar pawai, dari 60 UMKM yang terfasilitasi stan mencapai Rp 65 juta atau rata-rata 500 ribu hingga 1 juta untuk setiap usaha.

“Alhamdulillah kalau ditotal omzet dari Pawai Rimpu bisa mencapai lebih Rp 400 juta,” ungkapnya, Senin 22 Mei 2023.

Haris mengakui, hasil pendataan itu diambil dari beberapa sampel UMKM, sehingga kemungkinan total omzet masih sangat besar. Mengingat masih ada UMKM yang terlibat dalam acara festival, namun belum sempat terdata.

“Pawai berjalan dengan sukses, karena mampu menggerakan keterlibatan masyarakat dalam jumlah banyak sehingga menggerakan perekonomian masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, suksesnya kegiatan ini membawa dampak positif bagi para usaha mikro, karena Pawai Rimpu bukan sekedar agenda pemerintah daerah, namun lebih pada misi untuk menggerakkan ekonomi, sosial maupun budaya.

“Selain misi menggerakan ekonomi kreatif, namun pawai ini pula bagian dari event untuk menghibur masyarakat dengan membagikan sejumlah doorprize,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan UMKM Fatun Fatimah menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pemerintah daerah atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami menginginkan agar pawai rimpu ini bisa menjadi program agenda tahunan daerah, karena mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Terutama dengan hadirnya bazar, yang mendapat minat dan respon positif dari masyarakat,” pungkasnya.

*Kahaba-04