Pendidikan

Sekda Buka OSMB UT Mataram, Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kualifikasi Tenaga Guru

698
×

Sekda Buka OSMB UT Mataram, Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kualifikasi Tenaga Guru

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima H Mukhtar secara resmi membuka kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) UT Mataram, di Gedung Seni Budaya (GSB), Sabtu 16 September 2023

Sekda Buka OSMB UT Mataram, Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kualifikasi Tenaga Guru - Kabar Harian Bima
Foto bersama Sekda bersama Direktur UT Mataram Heriyanto bersama mahasiswa OSMB. Foto: Ist

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Universitas Terbuka (UT) Mataram Heriyanto, perwakilan Dinas Dikpora Kota Bima Sri Astuti serta ratusan mahasiswa baru dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu.

Sekda Buka OSMB UT Mataram, Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kualifikasi Tenaga Guru - Kabar Harian Bima

Sekda Kota Bima H Mukhtar dalam sambutan menyampaikan, seluruh peserta yang hadir agar bisa memanfaatkan dengan baik selama pelaksanaan OSMB. Diminta juga mahasiswa dapat belajar dengan baik serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di UT, lebih khusus tentang kode etik dan tata tertib.

“OSMB ini juga mengajak kita bersama untuk menumbuhkan rasa persaudaraan serta silaturahim antar mahasiswa, dalam menciptakan lingkungan yang nyaman. Kemudian menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab akademik, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

H Mukhtar menjelaskan, saat ini telah banyak alumni UT Mataram yang telah diterima dan mengisi formasi CPNS maupun PPPK GURU di Pemerintah Kota Bima. Tidak hanya itu, UT turut mengambil perannya dalam upaya meningkatkan kualifikasi pendidikan khususnya bagi tenaga guru.

“UT Mataram sebagai perguruan tinggi negeri mampu memberikan akses pendidikan tinggi yang berkualitas, dan telah tersebar hingga ke pelosok daerah. Maka dari itu, pemerintah sangat mendukung sepenuhnya kegiatan UT Mataram di Kota Bima,” katanya.

Sementara itu, Direktur UT Mataram Heriyanto mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah mahasiswa baru yang mengikuti OSMB di NTB periode ini mencapai 1.248 orang.

Dia mengakui dengan banyaknya jumlah mahasiswa baru tersebut, ada yang tidak berkesempatan hadir mengikuti kegiatan ini, sehingga dapat mengikuti kembali OSMB yang akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 23 September 2023 mendatang.

“Kegiatan OSMB yang diselenggarakan di Kota Bima ini bersifat wajib bagi para mahasiswa baru, agar para mahasiswa memiliki bekal pemahaman yang baik dalam menunjang perkuliahan di UT, yang menyelenggarakan sistem perkuliahan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ),” tandasnya.

Heriyanto menambahkan, bahwa UT Mataram sebagai salah satu PTN di NTB dan sebagai kampus pelopor pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Hadir untuk memberikan kesempatan serta memberikan solusi pada masyarakat, yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yang fleksibel dan berkualitas tanpa dibatasi oleh usia, domilisi, serta tahun ijazah SMA.

Di samping itu juga mahasiswa dapat menyesuaikan waktu studi, pemilihan program studi maupun mata kuliah. Sehingga pada proses pembelajarannya mahasiswa akan mengikuti perkuliahan berbasis digital, dengan memanfaatkan berbagai media belajar yang lebih adaptif dan fleksibel. Khususnya bagi mereka yang memiliki kesibukan dengan keseharian rutinitas kerja.

*Kahaba-04