Pendidikan

Ada Guru PNS, TK Negeri Nungga dan Kabanta Justru Dipimpin Guru Honorer

771
×

Ada Guru PNS, TK Negeri Nungga dan Kabanta Justru Dipimpin Guru Honorer

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dua lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) berstatus negeri, yaitu TK 24 Nungga dan TK 32 Kabanta Kota Bima dipimpin Pelaksana tugas (Plt) yang berasal dari guru Kategori Dua (K2). Padahal dalam lingkup sekolah tersebut, masih ada guru yang berstatus PNS.

Ada Guru PNS, TK Negeri Nungga dan Kabanta Justru Dipimpin Guru Honorer - Kabar Harian Bima
Ilustrasi. Foto: Google

Salah seorang guru negeri disalah satu TK tersebut mengakui, Plt Kepala TK 24 Nungga dijabat guru honorer K2, sedangkan Plt Kepala TK 32 Kabanta justru dijabat guru honorer lepas. Sementara di 2 sekolah tersebut ada guru berstatus PNS.

“Ada yang lebih layak, kenapa malah ditunjuk guru honorer jadi kepala sekolah,” sorot guru inisial N itu, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, jumlah guru pegawai negeri di TK Negeri 24 Nungga sebanyak 4 orang. Sementara di TK Negeri 32 Kabanta ada 2 orang guru pegawai negeri. Namun tidak ditunjuk untuk memimpin sekolah tersebut.

“Guru-guru yang PNS ini juga layak jadi kepala TK, kenapa masih memakai yang honorer,” sesalnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Dikpora Kota Bima Taufikurahman yang dikonfirmasi membenarkan kepala sekolah di 2 TK Negeri itu dijabat Plt, karena belum ada guru PNS pada sekolah tersebut.

Ditunjuknya Plt hanya untuk sementara, sembari menunggu diseleksinya guru PNS yang memenuhi syarat untuk menduduki jabatan pada satuan pendidikan tersebut.

“Jika sudah ada yang memenuhi syarat, pasti akan ditunjuk untuk menggantikan Plt tersebut,” katanya.

Taufikurahman menambahkan, pejabat definitif yang akan menjabat nanti tentu harus memenuhi sejumlah syarat, di antaranya yang terpenting telah lolos Calon Kepala (Cakep).

*Kahaba-04