Kabar Kota Bima

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato

2163
×

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kelurahan Lewirato menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tahun 2023, Selasa malam, 20 Juni 2023. Wali Kota Bima HM Lutfi membuka secara resmi kegiatan yang dijadwalkan dihelat selama 3 hari tersebut.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Wali Kota Bima HM Lutfi foto bersama dengan Lurah Lewirato dan Dewan Hakim. Foto: Bin

 

Kegiatan Syiar Islam tahunan tersebut sebelumnya diawali dengan Pawai Ta’aruf. Pada sore hari, perwakilan peserta masing-masing RT dan masyarakat hadir dan berpartisipasi. Prosesi kegiatan tersebut pun berjalan sangat meriah.

Setelah sejumlah rangkaian pra acara dihelat, seperti penampilan Ibu-Ibu yang melantunkan lagu-lagu marawis dan Karang Taruna Kelurahan Lewirato, disampaikan laporan oleh Ketua Panitia MTQ Kelurahan Lewirato Tahun 2023 Arif Rahmansyah.

Kata Arif, MTQ akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 20 sampai tanggal 22 juni 2023. Sementara ada sebanyak 160 peserta yang akan berpartisipasi, terdiri dari utusan masing –masing RT dari berbagai tingkat atau golongan.

“Untuk sumber dana pelaksanaan MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato, dari DPA Kelurahan Lewirato Tahun Anggaran 2023 dan sumbangan dari masyarakat, serta sumber lain yang tidak mengikat,” ujarnya.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Ketua Panitia MTQ tingkat Kelurahan Lewirato Arif Rahmansyah saat menyampaikan laporan. Foto: Bin

Dengan penuh rasa syukur, Arif mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin yang hadir di acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kelurahan. MTQ merupakan sebuah perwujudan nyata dari upaya menghargai, memelihara, dan memperkokoh nilai-nilai agama serta kecintaan terhadap Al Quran.

“Kegiatan MTQ ini memiliki makna yang sangat penting, tidak hanya sebagai ajang perlombaan, tetapi juga sebagai sarana untuk menghafal, memahami, dan mendalami kitab suci Al Quran,” katanya.

Menurut dia, kegiatan MTQ tingkat Kelurahan Lewirato tentu tidak terlepas dari peran seluruh masyarakat Lewirato yang terlibat dan bekerja siang malam. Dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia pelaksana, dewan hakim, para sponsor, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara ini.

“Tanpa kerjasama dan dukungan mereka, pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan ini tidak akan dapat terwujud dengan baik,” tegasnya.

Kepada seluruh peserta, Arif mengucapkan selamat berkompetisi. Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran, baik dalam hafalan, pemahaman, maupun aplikasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih saat menyerahkan hadiah kulkas untuk MTQ tingkat Kelurahan Lewirato. Foto: Bin

“Jadikan MTQ ini sebagai momentum yang memotivasi kita untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah,” terang tokoh pemuda Lewirato yang baru pertama kali dipercaya menjadi Ketua MTQ ini.

Terakhir tambah Arif, pihaknya berharap semoga acara MTQ tingkat Kelurahan ini menjadi ladang amal yang mendatangkan berkah. Semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi, memupuk semangat kebersamaan dan memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk mencintai dan mengamalkan ajaran Al Quran.

“Akhir kata, marilah kita semua menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup, agar kita senantiasa berada di jalan yang lurus, mendapatkan ridha-Nya, dan memperoleh keselamatan dunia dan akhirat,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih didampingi istri Yuliana yang hadir membawa bantuan 10 unit kipas angin dan 1 unit kulkas, sebagai bentuk perhatian terhadap kegiatan keagamaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan MTQ, karena telah memberinya kesempatan untuk hadir berpartisipasi.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Penampilan Karang Taruna Lewirato saat membawakan Mars MTQ. Foto: Bin

Pada kesempatan itu, Syamsurih juga mengungkapkan jika 5 tahun lalu, warga Kelurahan Lewirato telah mengantarkan pasangan calon Lutfi – Feri menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima.

“Lewirato telah memberikan sumbangsih untuk kemenangan saat itu,” ungkapnya.

Namun tak terasa, September Tahun 2023 Lutfi – Feri akan mengakhiri masa jabatan sebagai Wali Kota Bima dan Wakil Wali Kota Bima. Selama mengabdi, sudah banyak yang dilakukan untuk daerah tercinta ini.
Tanpa henti memperjuangkan kebijakan politik anggaran, sehingga mengucur ratusan miliar untuk pembangunan di Kota Bima.

“Mohon doa untuk kedua pemimpin kita ini semoga diberikan kesehatan dan umur panjang,” harapnya.

Wali Kota Bima Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kelurahan Lewirato - Kabar Harian Bima
Undangan yang hadir pada acara MTQ tingkat Kelurahan Lewirato. Foto: Bin

Sementara itu, Wali Kota Bima HM Lutfi sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut memaparkan sejumlah program pemerintah yang sukses berjalan. Termasuk soal penanganan banjir yang telah terealisasi tahun ini dan Kelurahan Lewirato sudah tidak banjir lagi.

“Penanganan banjir yang dicanangkan pada visi misi kami, telah diijabah oleh Allah SWT,” kata Lutfi.

Diakuinya, program-program mengatasi banjir di Kota Bima terus terealisasi. Ini semua tentu menjadi hadiah di penghujung jabatannya menjadi Wali Kota Bima.

Mengenai kegiatan MTQ sambungnya, telah sejak awal dipikirkan sebagai langkah konkrit untuk membentuk karakter generasi yang Islami. Dari kegiatan ini, semoga lahir generasi – generasi yang tidak saja pandai membaca Al Quran, tapi dapat memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

*Kahaba-01