Mobil Layanan Keliling Dukcapil Rampung

Kabupaten Bima, Kahaba.- Mobil pelayanan keliling yang didesain Dinas Dukcapil Kabupaten Bima telah rampung. Sejumlah modifikasi untuk mendukung operasi layanan di tiap tiap Kecamatan dan Desa pun telah diselesaikan. Rencananya, awal April nanti Dinas terkait akan diluncurkan.

Kepala Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM berpose di depan  Mobil Layanan Keliling.

Kepala Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM berpose di depan Mobil Layanan Keliling.

“Alhamdulillah secara umum penyelesain mobil sudah rampung. Hanya satu item saja, tinggal dipasang Internet, agar bisa digunakan untuk pelayanan online. Sekitar tanggal 7 April keatas nanti, Mobil ini akan segera diluncurkan,” ujar Kepala Dukcapil Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM, Kamis (12/3).

Lokasi peluncurannya nanti, menurutnya, antara Kecamatan Woha atau Sape. Tergantung dari Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ). Karena pihak Australia yang membantu anggaran modifikasi Mobil.

“Kita yang beli mobilnya, sementara AIPJ yang membantu modifikasi. AIPJ sendiri merupakan lembaga yang peduli tentang identitas hukum masyarakat yang tidak mampu,” katanya.

Sirajudin menyebutkan, peralatan Mobil nanti sudah cukup lengkap, untuk melayani pembuatan administrasi kependudukan. Seperti, TV, Laptop, Server, Satelit dan layanan On line. Sehingga saat melayani masyarakat, KTP dan KK bisa diambil saat itu juga.

Harapannya, saat peluncuran mobil tersebut juga mulai melayani pelayanan terpadu dan Itsbat Nikah (Penetapan Keabsahan Nikah), pencatat perkawinan, dan pencatatan kelahiran.

Ditambahkannya, mobil layanan keliling itu merupakan yang pertama. Sementara mobil kedua masih dalam proses tender.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *