Puluhan Guru Ikut Tes Cakep

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mendapatkan kepala sekolah yang berkualitas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima menyelenggarakan ujian seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep). Kegiatan yang dihelat di aula dinas setempat, Jumat (3/3) turut diikuti puluhan keterwakilan guru.

Tes Cakep tingkat Sekolah Dasar. Foto: Eric

Kepala Dikbud Kota Bima, H. Alwi Yasin mengatakan, ujian Cakep diikuti guru dari Sekolah Dasar (SD) saja. Karena saat ini Kota Bima masih kekurangan 15 Kepala sekolah definitif.

Ujian yang dilaksanakan katanya, untuk mencari Cakep yang memiliki jiwa kepemimpinan. Walaupun pada hakekatnya, seorang kepala sekolah mempunyai tugas tambahan menjadi seorang guru. Agar mampu mempengaruhi, mendorong, menggerakkan dan mengarahkan siswa untuk meraih tujuan pendidikan.

“Melalui Tes cakep itu, Dikbud mempunyai gambaran calon pemimpin sekolah yang berkompeten, kemudian ditempatkan sesuai kemampuan dan manajerial yang dimiliki,” paparnya.

Alwi menjelaskan, ujian Cakep meliputi, mencari solusi masalah, kreatifitas dan kemampuan manajerial sekolah. Materi soal hanya pengisian esai, dengan tepat waktu yang ditetapkan panitia.

“Ujian ini murni untuk mencari pemimpin yang cerdas, sehingga dapat terus memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan,” inginnya.

Ditambahkan Alwi, bila dalam hasil akhir tes Cakep ada peserta tidak mencapai standar kelulusan nilai mencapai 80 persen. Maka akan diselenggarakan lagi tes, dengan peserta yang berbeda. Hingga mencapai kuota yang telah ditetapkan, yaitu untuk menjabat di 15 sekolah yang kosong.

“Tes ini untuk mengisi kekosongan jabatan, pada 15 sekolah yang masih dijabat oleh Plt,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *