Kabar Kota Bima

BPBD Kota Bima Terima Bantuan Penanganan Kekeringan dan Kebakaran Hutan dari BNPB RI

241
×

BPBD Kota Bima Terima Bantuan Penanganan Kekeringan dan Kebakaran Hutan dari BNPB RI

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- BPBD Kota Bima menerima bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI untuk penanganan bencana kekeringan dan kebakaran hutan.

BPBD Kota Bima Terima Bantuan Penanganan Kekeringan dan Kebakaran Hutan dari BNPB RI - Kabar Harian Bima
Penyerahan bantuan kekeringan dan kebakaran hutan diterima BPBD Kota Bima. Foto: Ist

Bantuan diserahkan langsung Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto, didampingi Pj Gubernur NTB Hasanuddin, di Hotel Lombok Raya, Selasa 24 September 2024 dan diterima Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima, Gufran A H.

Gufran mengatakan, bantuan tersebut terdiri dari dana siap pakai sebesar Rp200 juta, serta dukungan peralatan siaga darurat untuk penanganan kekeringan dan kebakaran hutan.

Adapun bantuan peralatan yang diterima yakni 20 unit tandon air berkapasitas 5.000 liter, 5 set pompa, 10 set pompa alkon, 300 roll selang pemadam kebakaran ukuran 2,5 inci, 200 roll selang pemadam ukuran 1,5 inci, 2 unit tenda pengungsian dan 1 unit light tower.

Gufran menyampaikan bahwa bantuan ini sangat berarti dalam menghadapi dampak kekeringan yang melanda Kota Bima pada tahun 2024. Dari 41 kelurahan yang ada, sebanyak 15 kelurahan terdampak kekeringan pada Maret hingga Juli, dengan jumlah warga yang terdampak mencapai 15.863 jiwa.

“Pada bulan Juni, jumlah ini menurun menjadi 12.943 jiwa di 10 kelurahan, dan pada periode Juni hingga September, terdampak sebanyak 7.757 jiwa di 10 kelurahan,” ungkapnya.

Namun, dengan musim kemarau yang diperkirakan berlangsung hingga Desember 2024 oleh BMKG, kondisi ini kemungkinan akan semakin meningkat.

Kelurahan yang paling terdampak bencana kekeringan meliputi wilayah di Kecamatan Rasanae Barat, seperti Kelurahan Tanjung, Paruga, Dara, dan Pane. Di Kecamatan Mpunda, kekeringan melanda Kelurahan Sambinae, Manggemaci, dan Pangi.

Sementara di Kecamatan Raba, wilayah yang terdampak termasuk Kelurahan Kendo dan Penanae, serta di Kecamatan Asakota, Kelurahan Jatibaru Timur.

“Dengan adanya bantuan ini, kami berharap dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan penanganan dampak kekeringan dan kebakaran hutan di Kota Bima. Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan masyarakat mendapatkan bantuan yang tepat dan cepat,” ujar Gufran.

*Kahaba-01