Kabar Kota Bima

Masjid Baitul Hamid Kota Bima Raih Penghargaan Masjid Percontohan Tingkat Nasional

112
×

Masjid Baitul Hamid Kota Bima Raih Penghargaan Masjid Percontohan Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima patut berbangga, karena Masjid Besar Baitul Hamid di Kelurahan Penaraga berhasil meraih penghargaan juara II dalam Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa), yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Masjid Baitul Hamid Kota Bima Raih Penghargaan Masjid Percontohan Tingkat Nasional - Kabar Harian Bima
Kabag Kesra Setda Kota Bima didampingi Ketua Pengurus Masjid Baitul Hamid saat menerima penghargaan. Foto: Ist

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi daerah. Semoga dapat memotivasi seluruh pengurus masjid di Kota Bima untuk terus memakmurkan masjid demi kemaslahatan umat,” ungkap Kabag Kesra Setda H Sirajudin, Jumat 4 Oktober 2024.

Sirajudin menjelaskan, penghargaan AMPeRa tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi merupakan upaya mentransformasi pengelolaan masjid agar lebih transparan dan profesional. Hal ini mencakup manajemen yang sesuai prosedur serta pertanggungjawaban yang akuntabel.

“Penghargaan ini diberikan untuk 11 kategori dengan 33 nominasi masjid percontohan tahun 2024. Masjid Al Ishlah, Kragan, Rembang, Jawa Tengah berhasil meraih juara I, Masjid Baitul Hamid Kota Bima NTB di posisi kedua, dan Masjid Assalafiyyah, Pacet, Cianjur, Jawa Barat menempati posisi ketiga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Baitul Hamid H Juanda, mengungkapkan rasa syukur atas prestasi ini. Menurutnya, pencapaian sebagai runner-up di tingkat nasional merupakan kebanggaan tersendiri dan hasil dari komitmen pengurus dalam menciptakan lingkungan masjid yang nyaman, tertib, serta menjadi pusat syiar Islam.

“Kami bersyukur atas pencapaian ini. Ini bukanlah tugas yang mudah, namun berkat kerja keras seluruh pengurus dan jamaah, kami dapat mewujudkan masjid yang menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia,” tuturnya.

*Kahaba-04