Kabar Kota Bima

Bakesbangpol Kota Bima Seleksi 212 Calon Paskibra

548
×

Bakesbangpol Kota Bima Seleksi 212 Calon Paskibra

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah melalui 7 tahapan yang begitu ketat, Bakesbangpol Kota Bima akhirnya menyeleksi sebanyak 212 pelajar tingkat SMA sederajat untuk menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Bakesbangpol Kota Bima Seleksi 212 Calon Paskibra - Kabar Harian Bima
Kabid Idwasbang Bakesbangpol Kota Bima Sarif Hidayatullah saat memantau seleksi calon peserta Paskibra. Foto: Eric

Kepala Bakesbangpol melalui Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa (Idwasbang) Sarif Hidayatullah menyampaikan, seleksi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya yang masih menggunakan secara manual, tapi di tahun ini dilaksanakan secara on line.

Bakesbangpol Kota Bima Seleksi 212 Calon Paskibra - Kabar Harian Bima

“Tahapan mulai dari administrasi, parade dan kesehatan, tes Pancasila wawasan kebangsaan, Tes Intelegensi Umum (TIU), PBB, kesamaptaan hingga tes kepribadian,” jelasnya, Senin 10 April 2023.

Setelah semua tahapan seleksi ini selesai, pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pusat pada bulan Mei mendatang. Sementara nama-nama peserta yang lolos seleksi dan dinyatakan siap untuk mengikuti tahapan pemusatan pendidikan dan pelatihan selama dua pekan.

“Selama pemusatan pembinaan, para anggota Paskibra akan memperoleh materi pelatihan dari anggota Polri dan TNI yang telah ditunjuk,” katanya.

Ia menambahkan, setelah semua mengikuti pemusatan pelatihan dan pembinaan. Maka proses selanjutnya seluruh anggota Paskibra akan dilantik dan dikukuhkan, dan siap untuk mengikuti rangkaian upacara HUT Republik Indonesia.

*Kahaba-04