Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Bima, SDN 40 dan SMPN 7 Raih Juara I

Kota Bima, Kahaba.- Setelah proses seleksi selama 6 hari, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima mengumumkan hasil penilaian lomba sekolah sehat tingkat SD dan SMP se-Kota Bima.

Foto bersama pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat SD dan SMP se-Kota Bima. Foto: Eric

Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kota Bima Munawar menyampaikan, lomba sekolah sehat merupakan agenda rutin program pemerintah dalam rangka menumbuhkembangkan perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada lingkup lembaga pendidikan.

“Lomba ini bertujuan menciptakan sekolah bersih, sehat, rindang, hijau, kondisi sosial berjalan normal serta keadaan badan dan jiwa tenaga pendidik dan pelajar sehat,” jelasnya, Rabu (2/9).

Munawar menjelaskan, beberapa kriteria penilaian lain dalam lomba sekolah sehat ini yakni memiliki tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representatif. Kemudian tersedianya sarana air bersih yang memenuhi syarat kesehatan. Lalu memiliki kantin dan petugas kantin yang bersih dan rapi, serta menyediakan menu bergizi seimbang.

Memiliki ruang kelas yang representatif dengan rasio kepadatan jumlah siswa di dalam kelas, sarana dan prasarana pembelajaran memenuhi standar kesehatan, kenyamanan dan keamanan.

“Dewan juri dari Dikbud, Dikes, DLH dan Bagian Kesra telah memberikan penilaian untuk nominasi 3 besar. Dari tingkat SD dan SMP yang meraih juara I akan mewakili Kota Bima dalam ajang yang sama di Provinsi NTB,” katanya.

Ia menyebutkan, pemenang lomba sekolah sehat tingkat SD untuk Juara I diraih SDN 40 Kota Bima, kemudian juara II diraih SDN 24 Kota Bima dan juara III diraih SDN 33 Kota Bima. Sedangkan untuk tingkat SMP, juara I diraih SMPN 7 Kota Bima, juara II diraih SMPN 11 Kota Bima dan Juara III SMPN 5 Kota Bima. Bagi pemenang lomba telah diberikan bonus hadiah, piala serta piagam penghargaan.

Sementara itu Kepala SDN 40 Kota Bima Hj Maryamah mengucapkan rasa syukur dan bangganya. Karena mampu bersaing secara sehat dengan sekolah unggulan lain. Untuk itu, ke depan pihaknya akan mempersiapkan diri secara maksimal, terutama menjelang lomba sekolah sehat tingkat Provinsi NTB.

“Kami akan lakukan pembenahan serta meningkatkan kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah sehat, agar dalam lomba tingkat provinsi nanti SDN 40 bisa mengharumkan nama Kota Bima,” ujarnya.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *