oleh

Pandemi tidak Jadi Kendala, SMKN 3 Kota Bima Raih Sejumlah Penghargaan Bergengsi

-Kabar Kota Bima-401 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Meskipun Pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat siswa dan guru SMKN 3 Kota Bima untuk menorehkan prestasi. Terhitung sejak awal bulan Januari tahun 2021, sekolah dengan moto “Sekolah Karawi” tersebut telah meraih 8 penghargaan, baik di tingkat daerah, provinsi, pusat hingga internasional.

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin saat menyerahkan hadiah lomba kepada siswa setempat. Foto: Ist

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menyampaikan, keberhasilan menorehkan sejumlah prestasi itu berkat kerja keras guru yang membimbing siswa melalui sistem daring dan luring. Kemudian siswa juga mampu menangkap apa yang diajarkan, dan mengaplikasikan dalam setiap lomba.

Beberapa penghargaan yang diraih dalam setahun terakhir ini di antaranya, juara 1 lomba desain Tingkat Pulau Sumbawa yang diraih Dwi Aliyah Anggraini Rahman Putri Kelas XII DKV. Lomba O2SN Tingkat Nasional cabang Pencak Silat atas nama Rangga Juni Saputra Kelas XI Multimedia.

“Alhamdulillah prestasi ini menjadi kado terindah buat SMKN 3 Kota Bima, meskipun dalam kondisi keterbatasan akibat Pandemi Covid-19,” kata Jainuddin, Selasa (26/1).

Sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan pembelajaran berkualitas dan bermutu, pihaknya selalu memfasilitasi setiap kebutuhan serta minat dan bakat para pelajar. Artinya apapun potensi yang dimiliki langsung diarahkan dan dibimbing dengan baik oleh guru.

“Untuk meraih prestasi melalui potensi yang dimiliki siswa, baik di bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, pembinaan tetap berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan sebagian dilakukan secara daring (online) dan luring,” jelasnya.

Jainuddin menegaskan, salah satu prestasi yang cukup prestise dan membanggakan baru-baru ini diraih para pelajar adalah terpilihnya 6 siswa-siswi yang mendapatkan sertifikasi Bahasa Asing melalui Test of English for Internasional Communication oleh TOEIC Center Indonesia.

Ini merupakan salah satu program unggulan Direktorat SMK untuk mensertifikasi anak-anak SMK dalam berbahasa asing, sehingga para lulusan SMK siap bersaing di dunia global dan tidak terkendala bahasa.

“6 pelajar tersebut yaitu Justin Irianto XII Mulimedia, Al Zaytun Dalilah XII Tekstil, Dwi Aliyah XII DKV, Bella Fathur Rizki XI Tata Boga, Adriana Catharina Parera dan M. Rikhalwi Albar XI Multimedia,” sebutnya.

Sementara itu guru pembina Bahasa Inggris SMKN 3 Kota Bima Imam Bukhari menambahkan, proses untuk mendapatkan sertifikat terhadap 6 pelajar cukup panjang. Siswa yang mengikuti harus lolos terlebih dahulu tes masuk Vocational Institution English Language Readiness Assesment (VIERA), dan tidak semua siswa yang lolos di tahapan pertama, hanya siswa yang mendapat label Intermediate level 1 dan II yang dapat mengikuti test TOEIC tersebut.

“Sebagai bentuk motivasi semangat siswa lain untuk belajar, sekolah telah menyerahkan sertifikat penghargaan pada siswa yang berprestasi saat upacara bendera Senin kemarin,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru