Pendidikan

Gandeng Selebgram, SMKN 3 Kota Bima Sukses Gelar Karya

2481
×

Gandeng Selebgram, SMKN 3 Kota Bima Sukses Gelar Karya

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- SMKN 3 Kota Bima sukses menggelar kegiatan karya, hasil dari pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dari siswa-siswi dari sejumlah konsentrasi keahlian selama sepekan.

Gandeng Selebgram, SMKN 3 Kota Bima Sukses Gelar Karya - Kabar Harian Bima
Foto bersama Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin didampingi selebgram Tania Rezkika saat acara Gelar Karya. Foto: Eric

Acara yang dihelat di halaman sekolah setempat, Sabtu 9 Maret 2024 menggandeng Selebgram asal Kota Bima Tania Rezkika dan dihadiri Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima Siti Maryatun, Korwas SMK Usman Syam, Kepala SMKN 2 Fathurrahman serta perwakilan lembaga pendidikan dan ratusan siswa.

Gandeng Selebgram, SMKN 3 Kota Bima Sukses Gelar Karya - Kabar Harian Bima

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menyampaikan, kegiatan UKK ini memiliki tujuan guna mengukur seberapa baik pelajar untuk memahami dan menguasai materi, yang telah diajarkan oleh guru dalam kurikulum berdasarkan kejuruan tertentu.

“Gelar karya menjadi syarat untuk memperoleh sertifikat atau kualifikasi dalam bidang keahlian dari setiap kompetensi keahlian,” ujarnya.

Jainuddin mengungkapkan, gelar karya yang berlangsung selama ini untuk memberikan ruang dan kesempatan pada siswa-siswi konsentrasi keahlian, untuk menampilkan karya desain dan juga hasil produk dalam bidangnya masing-masing, sehingga dapat menarik khalayak ramai dan bernilai ekonomi.

Gelar karya yang berlangsung meriah dan sangat antusias ini diikuti seluruh siswa, menampilkan karya berupa lampu hias, batik mantika, busana wanita remaja dan dewasa, desain poster dan sablon, Product bakery hingga tata rias kecantikan.

Gandeng Selebgram, SMKN 3 Kota Bima Sukses Gelar Karya - Kabar Harian Bima
Foto siswa SMKN 3 Kota Bima bersama hasil karya. Foto: Eric

“Acara ditutup dengan live performance berupa fashion show, peragaan tata hias, peragaan tenun dan batik, event organizer,” katanya.

Setiap tahun sambungnya, ajang gelar karya ini digelar selalu menampilkan sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga kegiatan ini sekaligus dapat menjadi ajang promosi sekolah yang siap menerima siswa baru, untuk periode pendidikan 2024-2025.

“Setiap tahun sekolah kami telah menamatkan siswa yang telah siap bekerja di dunia industri, maupun bisa membuka usaha mandiri melalui ilmu dan pengalaman yang dipelajari selama 3 tahun di sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima Siti Maryatun mengapresiasi kegiatan SMKN 3 Kota Bima, karena telah berhasil mendidik dan membina siswa dengan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan karya yang luar biasa ditampilkan selama kegiatan gelar karya, seperti fashion show yang sangat luar biasa performancenya.

“Kami mendukung penuh kegiatan seperti ini, karena dapat memfasilitasi minat dan bakat siswa sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Agar terus bisa menghasilkan karya yang luar biasa, dan menjadi modal untuk berusaha ke depan,” tandasnya.

*Kahaba-04