Kabar Kota BimaPendidikan

Pulang Sekolah, SMKN 3 Kota Bima Terapkan Program Pungut Sampah

2947
×

Pulang Sekolah, SMKN 3 Kota Bima Terapkan Program Pungut Sampah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Guna mewujudkan kondisi bersih dan sehat di lingkungan pendidikan, SMKN 3 Kota Bima memuat program ticket pungut sampah syarat untuk bisa pulang. Program ini sebelumnya telah disosialisasikan sepekan lalu.

Pulang Sekolah, SMKN 3 Kota Bima Terapkan Program Pungut Sampah - Kabar Harian Bima
Siswa SMKN 3 Kota Bima saat menyimpan sampah di tong yang telah disediakan di pintu keluar sekolah. Foto: Ist

Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bima Jainudin menyampaikan, program kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang asri, nyaman dan juga menyadarkan siswa dan siswi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah setempat.

Pulang Sekolah, SMKN 3 Kota Bima Terapkan Program Pungut Sampah - Kabar Harian Bima

“Gerakan pungut sampah diwajibkan seluruh pelajar saat hendak pulang sekolah untuk terlebih dahulu memungut setiap sampah plastik yang ditemui untuk dibuang pada tempat yang telah disediakan di gerbang sekolah ,” ujarnya, Selasa 20 Februari 2024.

Jainudin berharap melalui program tersebut, para pelajar maupun lingkup pegawai setempat bisa menjadi garda terdepan untuk mengkampanyekan pada masyarakat, tentang pentingnya menjaga kelestarian, kebersihan lingkungan hidup dan alam.

Adapun misi utama lainnya yaitu, membiasakan hidup bersih dan sehat. Apabila kebersihan tidak terjaga maka dampak bahaya pada lingkungan akibat dari pencemaran sampah yang dibuang sembarang sangatlah merugikan. Untuk itu pihaknya terus mengkampanyekan, betapa pentingnya menjaga kebersihan.

“Kebersihan juga merupakan bagian dari iman, yang merupakan ajaran baginda Rasulullah sehingga penting untuk selalu dikerjakan,” katanya.

Sementara itu, siswi Kelas X program Busana Lutfia Ulfa mewakili siswa lain mengakui sangat antusias dengan program itu, karena kegiatan pungut sampah syarat untuk pulang merupakan bagian dari pendidikan karakter, tanggungjawab serta melatih kedisiplinan pelajar dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami sangat antusias adanya kegiatan pungut sampah sebagai tiket untuk pulang sekolah. Karena menjaga lingkungan tetap bersih dan asri merupakan tanggung jawab semua orang, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat,” tandasnya.

*Kahaba-04