oleh

Luar Biasa, LPPM STISIP Mbojo Bima Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Anggota dan Pimpinan DPRD

Kabupaten Bima, Kahaba.- Di awal tahun 2021, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima menggelar Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Bima dan Sumbawa, yang diselenggarakan di Astoria Mataram.

Bimtek Penguatan Kapasitas Anggota dan Pimpinan DPRD yang dilaksanakan LPPM STISIP Mbojo Bima. Foto: Ist

Kegiatan Bimtek DPRD Kabupaten Bima dilaksanakan mulai tanggal 14-17 Maret 2021, sedangkan Bimtek Kabupaten Sumbawa dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai dengan 24 Maret 2021. mengangkat Tema “Optimalisasi Peran DPRD Terhadap Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah”.

Kegiatan bimtek yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pimpinan, Anggota DPRD dan sekretariat DPRD dibuka Ketua STISIP Mbojo Bima Mukhlis Ishaka dan didampingi Kepala LPPM Tauhid, Ketua DPRD Kabupaten Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa.

Kepala LPPM STISIP Mbojo Bima Tauhid mengatakan, LPPM STISIP Mbojo Bima dipercaya sebagai penyelenggara Bimtek berdasarkan evaluasi dari BPSDM Kemendagri atas usulan proposal yang disampaikan oleh LPPM, sehingga STISIP berhasil mendapat rekomendasi dari BPSDM Kemendagri sebagai penyelenggara Bimtek.

“Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi tersebut, maka BPSDM Provinsi NTB menyeluarkan rekomendasi kegiatan Bimtek secara teknis pelaksanaan,” ujarnya.

Diakui Tauhid, untuk mendapat rekomendasi ini, LPPM harus memenuhi berbagai persyaratan seperti profil perguruan tinggi, akreditasi, pengalaman mengelola kegiatan, serta persyaratan lainnya yang dipersyaratan BPSDM Kemendagri.

“Dan alhamdulillah kita mendapatkan kepercayaan sebagai penyelenggara Bimtek. Dengan rekomendasi yang kami peroleh kemudian kami melakukan komunikasi dan pengembangan kerjasama dengan DPRD Kota dan Kabupaten di Provinsi NTB yang ingin melaksanakan Bimtek,” katanya penuh semangat.

Lebih lanjut Tauhid mengatakan bahwa sumber anggaran Bimtek adalah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilaksanakan sesuai dengan perjanjian kerjasama ditandatangi Sekretariat DPRD Kabupaten Bima dan Sekretaris DPRD Kabupaten Sumbawa dan LPPM STISIP Mbojo Bima. Pertanggungjawaban kegiatan juga sesuai dengan poin-poin kerjasama yang diatur di dalam perjanjian kerjasama, baik menyangkut hak dan tanggungjawab dari masing-masing pihak yang bekerjasama.

LPPM STISIP Mbojo Bima selaku penyelenggara sambungnya, selama masa pandemi ini sangat menjalankan protokol kesehatan, baik bagi peserta maupun panitia. Bimtek diaksanakan atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 133 Tahun 2017 Tentang Orientasi Dan Pendalaman Tugas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, yang salah satu ketentuannya mengamanahkan perlunya koordinasi pelaksanaan kegiatan Pelatihan, Bimbingan Teknis, Sosialisasi dan Workshop dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi guna menertibkan dan memudahkan monitoring dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi.

Ketua STISIP Mbojo Bima Mukhlis Ishaka menyampaikan bahwa Bimtek ini dimaksudkan guna memaksimalkan keterampilan dengan peningkatan kinerja yang berkompeten, profesional dan bekerja sepenuh hati untuk rakyat dan negara.

Melalui Bimtek ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anggota DPRD dalam mengoptimalisasi peran dan strategi pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga DPRD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menuju parlemen modern melalui penguatan tugas dan fungsi yang bermuara pada semakin kuat sinergitas dan kerja sama yang baik antara legislatif maupun eksekutif khususnya dalam aspek peran DPRD terhadap perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah.

“Pemateri-pemateri yang akan memberikan materi dalam kegiatan Bimtek ini ini adalah BPSDM Kemendagri RI, BPSDM Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bappeda Provinsi NTB serta pakar dari perguruan tinggi. Kami berharap materi-materi yang diberikan dapat menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas dan fungsi anggota DPRD Kabupaten Bima,” katanya penuh harap.

Kegiatan Bimtek ini juga merupakan wujud pengabdian masyarakat  sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi STISIP Mbojo Bima yang diharapkan dapat membantu meningkatkan klaster PT, pemenuhan poin-poin penilaian akreditasi seperti aspek kerjasama, pengabdian masyarakat, rekognisi dosen, publikasi, pendanaan PT dari sumber eksternal serta promosi bagi institusi bahwa kami dapat bersaing dengan Universitas Mataram yang juga lebih dulu mendapat rekomendasi dari BPSDM Kemendagri. .

Penyampaian materi dari akademisi STISIP Mbojo Bima Rifai menarik perhatian peserta Bimtek karena mampu memberikan materi terkait Pokok-Pokok Pikiran Dewan Dalam Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan Daerah. Peserta sangat antusias dan semangat menyimak materi yang di sampaikan oleh  DR. Rifai yang juga merupakan Ketua Program Studi Ilmu Administrasi STISIP Mbojo Bima karena mampu memberi wawasan dengan pendekatan praktis terkait tugas anggota dewan.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru