oleh

Ciptakan Karya Baru, SMKN 3 Kota Bima Launcing Batik Mantika

Kota Bima, Kahaba.- Selalu menciptakan ide dan kreatif yang baru setiap tahun dari berbagai jurusan keahlian, kini siswa-siswi SMKN 3 Kota Bima kembali menciptakan karya monumental yaitu batik dengan bercorak khas Mbojo (Bima).

Ciptakan Karya Baru, SMKN 3 Kota Bima Launcing Batik Mantika
Foto bersama Kepala SMKN 3 Kota Bima dan jajaran bersama KCD Dikbud KotaKabupaten Bima Anwar saat launching Batik Mantika. Foto: Eric

Kegiatan pelaksanaan launching Batik Mantika yang digelar di halaman sekolah setempat Sabtu (2/10), dihadiri KCD Dikbud Kota/Kabupaten Bima Anwar, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin, sejumlah pengawas dan kepala sekolah SMKN/SMAN se-Kota Bima Lingkup Dikbud Provinsi NTB.

Ketua Panitia Pelaksana launching Batik Mantika Wangsit Juliadi menjelaskan, guna lancarnya kegiatan dimaksud pihaknya lebih awal memastikan kesiapan pelaksanaan acara agar sesuai protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, serta ketersediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

“Dengan taat prokes, maka acara launching Batik Mantika ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memerangi Covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, launching ini memiliki makna mengaplikasikan ide kreatif yang dimiliki siswa, untuk dituangkan dalam sebuah karya inovatif. Maka terciptalah batik bermotif khas Mbojo (Bima) yang tentunya berbeda dengan corak daerah lain.

“Launching kali ini juga bertepatan dengan program sekolah Sabtu Budaya dan memperingati hari batik nasional,” katanya.

Wangsit mengungkapkan, peserta yang dilibatkan saat kegiatan ini berjumlah puluhan siswa yang berasal dari 5 jurusan, yaitu Tekstil, Kayu, Seni Tari, DKV dan Kecantikan. Siswa-siswi ini tidak hanya tampilkan sebagai pengisi acara, tapi sudah menciptakan karya batik dari berbagai bentuk.

“3 motif batik yang dibuat seperti Uma Lengge, Bunga Satako dan Cila Mboko ini akan dijadikan unggulan Bima dan Dompu. Sedangkan hasil yang telah dibuat dalam bentuk bahan baju, topi, tas serta pernak-pernik lain,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menambahkan, kegiatan ini bagian dari mempresentasikan ide siswa kemudian dituangkan dalam sebuah wadah untuk menjadi maha karya yang spektakuler.

“Dengan lahirnya Batik Mantika, maka ini akan menjadi pelengkap karya lain yang telah diciptakan siswa. Sekaligus meyakinkan masyarakat bahwa lembaga pendidikan yang tepat untuk menempuh pendidikan dan siap bekerja adalah SMKN 3 Kota Bima,” tambahnya.

*Kahaba-04

Kabar Terbaru