Kabar Kota Bima

Alokasi Anggaran ‘Aneh’ di Setda Kota Bima

2368
×

Alokasi Anggaran ‘Aneh’ di Setda Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Muncul alokasi anggaran sejumlah pengadaan yang dinilai tidak sesuai di APBD Kota Bima Tahun 2022. Anggaran pengadaan dimaksud tercantum dalam sekretariat daerah mencapai ratusan juta rupiah.

Alokasi Anggaran ‘Aneh’ di Setda Kota Bima - Kabar Harian Bima
Alokasi anggaran di bagian Sekretariat Kota Bima. Foto: Ist

Dari dokumen APBD tersebut, tercantum sejumlah item seperti pengadaan langsung bibit ternak sebesar Rp 75 juta, belanja pengadaan sajadah Rp 150 juta, belanja pengadaan sarung Rp 149 juta, belanja pengadaan mukenah Rp 195 juta.

Alokasi Anggaran ‘Aneh’ di Setda Kota Bima - Kabar Harian Bima

Pertanyaannya, pengadaan langsung bibit ternak kenapa tidak dialokasikan anggaranya ke dinas teknis. Justru ditemukan pada sekretariat Pemkot Bima yang tidak mengurus persoalan peternakan.

Demikian juga mengenai belanja sarung, sajadah dan mukenah dengan total ratusan juta tersebut, tercantum pada bagian sekretariat, dan belum diketahui siapa penerima manfaat barang pengadaan dimaksud.

Kepala BPKAD Kota Bima M Saleh saat dikonfirmasi terkait hal itu menjawab, pengadaan ternak tidak saja di dinas terkait, tapi bisa juga di Bagian Ekonomi Setda.

Untuk pembinaan kelompok ternak jelasnya, karena pembinaan ini tidak mesti di dinas teknis, maka bisa juga dilakukan pada bagian-bagian sekretariat.

“Seperti dana stimulan bisa di Bagian AP, tidak mesti di Dinas PUPR,” jelasnya.

Ditanya syarat penerima bantuan ternak itu, dan bagaimana teknis belanjanya, Saleh menyarankan untuk bisa bertanya langung ke Bagian Ekonomi.

Soal belanja sarung, sajadah dan mukenah, menurut Saleh juga bisa di Bagian Umum atau Bagian Kesra Setda. Namun dirinya tidak mengetahui pasti, pada bagian mana.

“Nah untuk siapa juga sarung, sajadah dan mukenah itu, saya tidak tahu, Bagian Umum atau Kesra yang tahu,” elaknya.

*Kahaba-01