Kabar Kota Bima

Anggaran IAIN Bima Tahun 2022 Sebesar Rp 10 Miliar Gagal Dibelanjakan

1054
×

Anggaran IAIN Bima Tahun 2022 Sebesar Rp 10 Miliar Gagal Dibelanjakan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Rencana Pemerintah Kota Bima membangun Kampus IAIN tidak bisa terwujud pada tahun 2022. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 10 miliar dalam APBD juga gagal dibelanjakan pada tahun ini.

Anggaran IAIN Bima Tahun 2022 Sebesar Rp 10 Miliar Gagal Dibelanjakan - Kabar Harian Bima
Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan. Foto: Bin

Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan mengakui, alokasi anggaran untuk IAIN nominalnya Rp 10 miliar, itu merupakan komitmen Pemerintah Kota Bima dengan Kementerian Agama. Anggaran tersebut pun tidak bisa dibelanjakan dan menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

Anggaran IAIN Bima Tahun 2022 Sebesar Rp 10 Miliar Gagal Dibelanjakan - Kabar Harian Bima

“Begitu juga dengan Provinsi, juga menjadi SILPA sebanyak Rp 10 Miliar, tidak bisa dibelanjakan tahun ini,” katanya, Kamis (3/11).

Diakui Iwan, memang ada MoU sebelumnya antara Kementrian Agama dengan Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Kabupaten Bima juga diminta untuk itu, masing-masing berapa saya lupa,” Ungkapnya.

Menurut dia, anggaran Rp 10 miliar tersebut rencananya untuk operasional IAIN. Jadi harus berjalan dulu proses akademiknya, baru kampus dibangun.

“Rp 10 Miliar dari Pemerintah Kota Bima itu bukan untuk lahan, tapi operasional. Dijalankan dulu satu semester, baru dibangun kampusnya menggunakan APBN,” terang Iwan.

Iwan mengungkapkan, kendala tidak bisa dibelanjakannya anggaran Rp 10 miliar itu karena belum keluar izin operasional yang sampai saat ini masih salam proses

“Prosesnya tinggal menunggu keputusan presiden. Jadi harus ada keputusan presiden dulu baru bisa dibelanjakan uang untuk operasional IAIN,” tukas Iwan.

Ia menambahkan, anggaran Rp 10 miliar itu akan jadi SILPA dan dialokasikan kembali pada tahun 2023.

*Kahaba-01