Kabar Kota Bima

Dikes Pantau Pelayanan Klinik Kesehatan di Kota Bima

1167
×

Dikes Pantau Pelayanan Klinik Kesehatan di Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima intens melaksanakan tugas monitoring dan pengawasan di sejumlah klinik kesehatan, untuk melihat kondisi dan situasi pelayanan pada masyarakat.

Dikes Pantau Pelayanan Klinik Kesehatan di Kota Bima - Kabar Harian Bima
Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dikes Kota Bima Yahya. Foto: Eric

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dikes Kota Bima Yahya menyampaikan, pembinaan di klinik kesehatan itu merupakan kegiatan yang terus dilaksanakan untuk memastikan seluruh rangkaian pelayanan yang ada di tiap unit klinik, berjalan dengan baik sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Dikes Pantau Pelayanan Klinik Kesehatan di Kota Bima - Kabar Harian Bima

Monitoring seputar pelayanan publik, kemudian berkomunikasi dengan petugas mengenai prosedur pelayanan dan juga rujukan. Kemudian mengecek kehadiran tenaga medis, termasuk dokter spesialis yang menangani pasien, lalu menanyakan jumlah pengunjung klinik serta pelayanan lainnya.

“Pemantauan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan tenaga medis pada klinik kesehatan, agar dapat memberikan pelayanan prima,” ujarnya Selasa 23 Januari 2024.

Yahya menjelaskan, untuk jumlah klinik di Kota Bima saat ini sudah berjumlah 11 unit. Dimana 2 di antaranya termasuk kategori utama, kemudian 7 unit kategori pratama dan 2 dalam proses pengusulan izin baru.

Adapun 2 unit yang termasuk kategori utama yaitu klinik Arsyafi dan klinik Jantung Sehat, kemudian 6 unit termasuk kategori pratama yaitu klinik Salmah Husada, klinik Kodim 1608 Bima-TNI, klinik Polres Bima, klinik Rutan Bima, klinik BNNK Bima, klinik kecantikan Primadona dan klinik kecantikan Amazeglam.

“Sedangkan untuk 2 unit yang baru mengusulkan izin di tahun 2024 dan masih dalam tahap proses pengusulan, yaitu klinik Mitra Medika dan Klinik Pratama Kecantikan Luxury,” katanya.

Yahya menambahkan, hasil dari monitoring dan pemantauan ini akan menjadi bahan laporan instansi terkait pada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), tentang kondisi pelayanan kesehatan.

“Sesuai hasil monitoring, pelayanan kesehatan sejumlah klinik di Kota Bima sudah berjalan dengan maksimal. Bahkan dari segi sarana, prasarana hingga kesiapan tenaga medis serta dokter telah bekerja sesuai dengan SOP,” tambahnya.

*Kahaba-04