Kabar Kota Bima

Dinas Damkar Sosialisasi Tugas dan Keselamatan Kebakaran di SMKN 3 Kota Bima

1165
×

Dinas Damkar Sosialisasi Tugas dan Keselamatan Kebakaran di SMKN 3 Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Damkar dan Keselamatan Kota Bima menggelar sosialisasi tentang tugas-tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta manajemen keselamatan dalam kebakaran, di Aula SMKN 3 Kota Bima, 1 September 2023.

Dinas Damkar Sosialisasi Tugas dan Keselamatan Kebakaran di SMKN 3 Kota Bima - Kabar Harian Bima
Sosialisasi yang dihelat Dinas Damkar dan Keselamatan di SMKN 3 Kota Bima. Foto: Bin

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang upaya pencegahan dan penanganan kebakaran itu juga dihadiri Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin dan sejumlah siswa.

Dinas Damkar Sosialisasi Tugas dan Keselamatan Kebakaran di SMKN 3 Kota Bima - Kabar Harian Bima

Kabid Pencegahan Ardi Firmansyah mengatakan, kegiatan tersebut selain pengenalan tugas-tugas pemadaman, juga tugas non kebakaran antara lain, evakuasi sarang tawon dan binatang berbahaya, pohon tumbang, korban kecelakaan lalu lintas, korban hanyut, percobaan bunuh diri.

Kemudian pengenalan tentang manajemen keselamatan kebakaran bangunan gedung, pengenalan tentang sarana proteksi kebakaran gedung.

“Karena memang SMKN 3 Kota Bima juga memiliki beberapa jurusan yang berpotensi memiliki risiko kebakaran. Sehingga warga sekolah perlu memahami tindakan yang akan dilakukan,” jelasnya.

Diakui Ardi, manajemen keselamatan kebakaran dalam gedung-gedung juga diberikan perhatian khusus. Ini mencakup pengenalan sarana proteksi kebakaran dalam gedung, yang penting bagi berbagai jurusan di SMKN 3 Kota Bima yang memiliki potensi risiko kebakaran.

“Selain itu, siswa-siswa juga diajarkan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta teknik dasar dalam menggunakannya. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Damkar dan Keselamatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya keselamatan dalam menghadapi situasi kebakaran.

“Dari kegiatan ini juga dapat membantu siswa-siswa SMKN 3 Kota Bima untuk menjadi lebih siap menghadapi risiko kebakaran di sekitar mereka,” katanya.

*Kahaba-01