Kabar Kota Bima

Diperbaiki UPTD Air Bersih, Sumur Bor Penatoi Kini Kembali Berfungsi

1213
×

Diperbaiki UPTD Air Bersih, Sumur Bor Penatoi Kini Kembali Berfungsi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah dua tahun tidak berfungsi, sumur bor di Lingkungan Kalate, Kelurahan Penatoi, kini telah diperbaiki oleh UPTD Air Bersih Dinas PUPR Kota Bima dan dinikmati kembali oleh masyarakat setempat.

Diperbaiki UPTD Air Bersih, Sumur Bor Penatoi Kini Kembali Berfungsi - Kabar Harian Bima
Sumur bor Kelurahan Penatoi yang kini telah berfungsi. Foto: Ist

Menurut Kepala UPTD Air Bersih Dinas PUPR Kota Bima Syarifuddin, perbaikan sumur bor hanya membutuhkan pembenahan pada mesin airnya, yang sebelumnya menjadi penyebab utama tidak berfungsinya sumur tersebut.

“Hanya mesinnya yang rusak dan sudah kita perbaiki, meskipun pompa air masih dalam kondisi baik, namun perlu dimodifikasi agar kinerjanya optimal,” katanya, Senin 3 Juni 2024.

Menurut dia, proses perbaikannya tadi juga disaksikan oleh ketua RT dan RW, serta pegawai kelurahan setempat. Masyarakat pun sudah bisa memanfaatkannya.

Disinggung pengelolaannya, diakui Syarifuddin, sumur bor ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Maka sangat diharapkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan tetap dijaga untuk memastikan pemanfaatannya yang optimal.

“Masyarakat pun merasa bersyukur atas kembalinya sumur bor ini sebagai sumber air bersih bagi kehidupan sehari-hari mereka,” ungkapnya.

Syarifuddin menambahkan, proyek pembangunan sumur bor ini dikerjakan tahun 2019, bantuan dari Badan Geologi Bandung Kementerian ESDM. Dan kini sumber air bersih warga itu menjadi aset Pemerintah Kota Bima.

*Kahaba-01