Kabar Kota Bima

Disnaker Kota Bima Sosialisasi Pentingnya Punya Kartu AK1

1009
×

Disnaker Kota Bima Sosialisasi Pentingnya Punya Kartu AK1

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menginformasikan pentingnya memiliki kartu pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar sosialisasi kartu AK1, di Aula Kantor Kelurahan Penaraga, Selasa 27 Februari 2024.

Disnaker Kota Bima Sosialisasi Pentingnya Punya Kartu AK1 - Kabar Harian Bima
Sosialisasi Kartu AK1 di aula kantor Kelurahan Penaraga. Foto: Eric

Plt Kepala Disnaker A Haris menyampaikan, Kartu AK1 yang dikeluarkan pemerintah sebagai identitas diri yang berguna dalam mencari kerja. Sehingga pemerintah juga daoat menghitung statistik angkatan kerja yang ada di daerah.

Disnaker Kota Bima Sosialisasi Pentingnya Punya Kartu AK1 - Kabar Harian Bima

“Program diterbitkannya Kartu AK1 ini bertujuan agar pemerintah bisa melakukan pendataan para pencari kerja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam memperoleh kartu ini juga pemerintah memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin mengajukan izin pembuatan. Seperti dinas menyediakan loket pelayanan.

“Untuk syarat administrasi yang harus disiapkan seperti KTP, kartu keluarga, pas foto, ijazah dan syarat lain,” katanya.

A Haris menambahkan, kartu AK1 atau dulu disebut kartu kuning ini berfungsi sebagai salah satu berkas yang menjadi syarat untuk para pelamar yang ingin melamar kerja. Baik itu untuk keperluan melamar kerja ke instansi pemerintahan, maupun ke perusahaan non pemerintahan atau swasta.

*Kahaba-04