Kabar Kota Bima

DKP Adakan Bimbingan dan Pelatihan Pengolahan Hasil Kelautan

564
×

DKP Adakan Bimbingan dan Pelatihan Pengolahan Hasil Kelautan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka memberikan pengetahuan dan tata cara mengolah bahan makanan berdasar ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima menggelar kegiatan bimbingan dan pelatihan pengolahan hasil kelautan dan perikanan, di aula kantor dinas setempat, Kamis 13 Juni 2024. Kegiatan dimaksud juga dihadiri 60 peserta dari perwakilan pelaku usaha dan penyuluh perikanan.

DKP Adakan Bimbingan dan Pelatihan Pengolahan Hasil Kelautan - Kabar Harian Bima
DP3A saat menggelar kegiatan sosialisasi dan advokasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Foto: Eric

Sekretaris DKP Jamaludin menyampaikan, kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pengolahan makanan, dengan berbahan dasar ikan. Agar hasil produksi sangat baik dan bagus, sehingga dapat dipasarkan dan bernilai ekonomi tinggi.

“Tujuan dari bimbingan dan pelatihan ini, agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah dan memasarkan produk, kemudian meningkatkan diversifikasi olahan hasil perikanan, meningkatkan tingkat konsumsi ikan serta memberikan nilai tambah produk hasil perikanan,” jelasnya.

Kata dia, selama pelatihan tersebut peserta akan mendapatkan pengetahuan serta praktikum oleh narasumber yang berkompeten, sehingga mudah dimengerti dan dipahami tentang cara pengolahan, pembuatan hingga pemasaran produk bisa lebih maksimal.

“Adapun pelatihan yang kami berikan berupa pembuatan resep bakso dan siomay berbahan dasar ikan tenggiri dan tuna,” katanya.

Sementara itu, Kabid PDSPKP Juriyatni menambahkan, hasil kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka inflasi serta dapat memberikan penguatan sumber daya kelompok usaha dan juga masyarakar, sehingga dapat meningkatkan nilai produk dan bisa menebus pasar modern serta peningkatan taraf ekonomi.

*Kahaba-04