Kabar Kota Bima

DPPKB Kota Bima Terus Genjot Turunkan Angka Stunting

980
×

DPPKB Kota Bima Terus Genjot Turunkan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bima terus mendorong pelaksanaan program penanganan stunting agar berjalan dengan maksimal, terutama pada 16 kelurahan yang beresiko.

DPPKB Kota Bima Terus Genjot Turunkan Angka Stunting - Kabar Harian Bima
DPPKB saat memberikan pelayanan KB serta PMT telur pada keluarga beresiko stunting. Foto: Ist

Plt Kepala DPPKB Kota Bima Hj Dewi Triyani menyampaikan, penurunan angka stunting ini merupakan program prioritas, sebagaimana termaktub dalam RPJMN 2020-2024. Dimana secara nasional ditargetkan pada tahun 2024, prevalensi stunting turun hingga 14 persen.

“Target penurunan angka stunting ini terus kami genjot, dengan dilaksanakannya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) secara intens pada warga beresiko stunting di 16 kelurahan,” ungkapnya, Kamis 2 November 2023.

Ia menjelaskan, guna memudahkan pelaksanaan program agar berjalan dengan maksimal, pihaknya terus berkoordinasi dengan intansi. Supaya program percepatan penurunan stunting berjalan efektif, konvergen, dan terintegrasi dengan melibatkan semua lintas sektor.

“Adapun PMT yang kami salurkan berupa telur yang kaya nutrisi pada keluarga beresiko stunting. Sebab dalam kandungan telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak,” katanya.

Selain pembagian telur, pihaknya juga menyampaikan sosialisasi dan edukasi pada warga tentang pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat, kemudian menjaga gizi seimbang dan pola makan yang baik untuk mencegah stunting.

Diharapkan dengan pengetahuan yang diberikan, keluarga dapat menerapkan pola makan yang sehat dan memastikan anak-anak mereka mendapatkan gizi yang cukup.

Dewi menambahkan, dalam mensukseskan program penurunan stunting tentu harus ada keterlibatan dan kerjasama semua pihak, sehingga bisa berkolaborasi dalam mensukseskan program tersebut.

*Kahaba-04