Kabar Kota Bima

DPPPA Gelar Temu Anak Tingkat Kota Bima

866
×

DPPPA Gelar Temu Anak Tingkat Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar kegiatan Temu Anak tingkat Kota Bima, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Rabu 22 Mei 2024. Kegiatan itu dihadiri Sekda Kota Bima H Mukhtar, Kepala DP3A Syahruddin, Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) Hj Nurhaedah, Kabid Dinas Sosial A Haris serta perwakilan anak se-Kota Bima.

DPPPA Gelar Temu Anak Tingkat Kota Bima - Kabar Harian Bima
Foto Bersama saat kegiatan Temu Anak tingkat Kota Bima di aula SMKN 3 Kota Bima. Foto: Eric

Kepala DP3A Kota Bima Syahruddin menyampaikan, anak merupakan generasi penerus yang potensial untuk masa depan bangsa, sehingga harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaannya.

DPPPA Gelar Temu Anak Tingkat Kota Bima - Kabar Harian Bima

“Hak anak ialah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan juga negara. Maka sebagai upaya menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak perlu dilakukan secara struktural melalui pengaturan, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang pada gilirannya menjadi nilai budaya masyarakat,” jelasnya.

Saat ini kata dia, telah terbentuk Forum Anak Nasional (FAN) yang merupakan organisasi anak yang dibina oleh pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia. Tentunya dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak ini, FAN sudah tersebar mulai dari jenjang daerah hingga pusat.

“Pertemuan ini berfokus pada peningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa yang disampaikan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif berdasarkan tema-tema yang ditentukan,” katanya.

Adapun sasaran dan tujuan kegiatan ini sambung Syahrudddin, untuk melakukan pertemuan anak dari berbagai jenjang pendidikan, dalam rangka menjalin silaturahmi dan kekompakan seluruh anggota forum anak yang ada di masing-masing sekolah, sekaligus membahas isu-isu strategis dan suara anak Kota Bima sebagai dasar dalam rangka musrembang anak tingkat Kota Bima.

“Nanti juga direncanakan akan dirangkaikan dengan Musrenbang Kota Bima, yang didalamnya ada agenda pemilihan Duta Anak Kota Bima, dalam rangka persiapan kegiatan temu Anak Tingkat Provinsi dan Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu Sekda Kota Bima H Mukhtar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DP3A, bahkan mendukung penuh acara tersebut sebagai generasi penerus masa depan. Artinya keberadaan anak sangat penting dan harus mendapat perhatian yang serius, dengan memberikan perlindungan kepada agar terhindar dari hal-hal yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Perlindungan terhadap anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera,” pungkasnya.

*Kahaba-04