Kabar Kota Bima

Edukasi Hukum, Bakesbangpol Ajak Masyarakat Cegah Paham Radikal

734
×

Edukasi Hukum, Bakesbangpol Ajak Masyarakat Cegah Paham Radikal

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bakesbangpol Kota Bima menggelar kegiatan edukasi hukum untuk pencegahan paham radikal, yang dilaksanakan di Aula Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima, Rabu 4 Oktober 2023. Kegiatan dimaksud dihadiri tokoh agama, masyarakat, pemuda dan orang tua.

Edukasi Hukum, Bakesbangpol Ajak Masyarakat Cegah Paham Radikal - Kabar Harian Bima
Kegiatan edukasi yang digelar Bakesbangpol Kota Bima. Foto: Eric

Kepala Badan Kesbangpol Kota Bima Muhammad Hasyim mengatakan, seluruh lapisan masyarakat sangat perlu membentengi diri dari sejumlah pengaruh ajaran maupun paham radikalisme.

Lapisan masyarakat yang terdiri dari pemuda, tokoh masyarakat, agama hingga orang tua memiliki peran besar dalam membangun kekuatan. Yaitu secara bersama-sama dalam mendeteksi lebih dini, menangkal dan mencegah berkembangnya paham radikal yang bisa berujung pada aksi terorisme.

“Kami ingin mengajak semua pihak untuk bisa terlibat aktif dalam penanganan dan pencegahan paham radikal yang muncul di tengah masyarakat. Agar generasi penerus kita nanti dapat terjaga dari isu maupun ajaran tidak benar,” ujarnya.

Hasyim mengakui, untuk penanganan paham radikal ini dibutuhkan sinergi bersama antara pemerintah dengan masyarakat, lebih khusus untuk kalangan muda. Pasalnya bahaya radikalisme bisa menyasar siapa saja, tanpa memandang siapa orangnya, status sosial, pangkat maupun jabatan.

Radikalisme juga merupakan paham atau aliran yang mengajak dan terkesan memaksakan kehendak untuk mengikuti. Kemudian tidak mau menerima pemahaman selain kelompoknya, sehingga berpotensi memecah belah persatuan.

“Maka dari itu pemerintah mengajak semua pihak agar bersama melawan paham radikalisme. Kemudian selalu menanamkan nilai Pancasila, persatuan serta kecintaan terhadap NKRI dalam menjaga kesatuan dan persatuan,” tandasnya.

*Kahaba-04