Kabar Kota Bima

FKUB Kota Bima Ajak Stakeholder Jaga Kerukunan Selama Ramadan

630
×

FKUB Kota Bima Ajak Stakeholder Jaga Kerukunan Selama Ramadan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar Forum Grup Discussion (FGD), di aula kantor setempat, Selasa 21 Maret 2023.

FKUB Kota Bima Ajak Stakeholder Jaga Kerukunan Selama Ramadan - Kabar Harian Bima
Suasana FGD yang diadakan FKUB Kota Bima. Foto: Ist

Agenda tersebut turut dihadiri Ketua FKUB H Mahmud, Kepala Kemenag Kota Bima H Syahrir serta 40 peserta dari tokoh agama, masyarakat, pendeta dan sejumlah organisasi keagamaan.

FKUB Kota Bima Ajak Stakeholder Jaga Kerukunan Selama Ramadan - Kabar Harian Bima

Ketua FKUB Kota Bima H Mahmud menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain untuk menyambut Bulan Suci Ramadan, juga sekaligus mengajak seluruh stakeholder yang hadir untuk bersama menjaga dan menciptakan kerukunan umat beragama.

“Sesuai tema hari ini, mari kita ciptakan kerukunan antar umat beragama dan memahami moderasi beragama. Artinya mari mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan sebagai ekspresi sikap keagamaan individu, atau kelompok tertentu sehingga tercipta keberagaman dan kebhinekaan,” ajaknya.

Mahmud menjelaskan, tujuan dari kegiatan inipula ialah memberikan pemahaman pada peserta tentang pentingnya saling menjaga kerukunan umat, baik di tingkat daerah dan bernegara dalam menghadapi tantangan informasi di era globalisasi modern ini.

“Melalui kegiatan ini kami juga ingin mengajak peserta yang hadir, agar dapat bersama mewujudkan situasi dan kondisi daerah yang kondusif. Serta dapat menangkal isu-isu yang berpotensi merusak kerukunan, sehingga terwujud ketertiban dan kedamaian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Bima H Syahrir menambahkan, agar setiap peserta yang hadir dapat menjadi agen perubahan di tingkat masyarakat. Artinya kembali membangun komunikasi yang baik, sehingga rasa persatuan dan ketahanan nasional dapat tercipta.

“Pada tahun depan akan ada agenda besar negara, tentunya kami ingin semua pihak bisa terlibat dalam mensukseskan dan menjaga kerukunan bersama, demi terciptanya kedamaian,” tambahnya.

*Kahaba-04