Kabar Kota Bima

Forum PTS Apresiasi Komitmen Pj Wali Kota Libatkan Kampus Dalam Kebijakan Pembangunan

220
×

Forum PTS Apresiasi Komitmen Pj Wali Kota Libatkan Kampus Dalam Kebijakan Pembangunan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Forum Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bima Dompu bersilaturahmi dengan Pj Wali Kota Bima HM Rum, di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Bima, Senin 20 November 2023.

Forum PTS Apresiasi Komitmen Pj Wali Kota Libatkan Kampus Dalam Kebijakan Pembangunan - Kabar Harian Bima
Pj Wali Kota Bima saat silahturahmi dengan Forum PTS. Foto: Ist

Pada pertemuan itu, Rum didampingi seluruh Asisten Setda Kota Bima, Kepala Bappeda, Kadis Dikpora, Kadis Pariwisata dan Kepala Brida Kota Bima menjajaki pembahasan potensial kolaborasi dan sinergi antara Pemkot Bima dan PTS Bima Dompu.

Forum PTS Apresiasi Komitmen Pj Wali Kota Libatkan Kampus Dalam Kebijakan Pembangunan - Kabar Harian Bima

Agenda utama yang menjadi potensi pembahasan adalah mendalami kerjasama yang dapat memajukan pembangunan Kota Bima secara keseluruhan.

Diskusi mencakup berbagai aspek, mulai dari pendidikan, riset dan inovasi yang dapat diimplementasikan ke dalam kebijakan Pemerintah Kota Bima hingga pengembangan sumber daya manusia, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung visi kemajuan Kota Bima.

Mengawali arahannya, Rum menjelaskan bahwa hasil riset dan inovasi yang dihasilkan oleh kampus-kampus Bima dan Dompu menjadi pilar penting dalam mendukung pembangunan Kota Bima.

Riset-riset tersebut dapat mencakup berbagai bidang, seperti teknologi, ekonomi, dan sosial. Inovasi-inovasi yang dihasilkan kemudian dapat diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan di berbagai sektor penyelenggaraan kebijakan Pemerintah Kota Bima.

“Pengabdian kampus juga memegang peran krusial, di mana mereka dapat terlibat langsung dalam proyek-proyek pembangunan masyarakat. Hal ini dapat berupa program-program pengabdian masyarakat, pelatihan, atau penyediaan sumber daya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat setempat,” jelasnya.

Secara konkret sambung Rum, kampus-kampus dapat menghasilkan solusi inovatif untuk permasalahan-permasalahan kota, seperti sistem transportasi, manajemen sampah, atau pengembangan ekonomi lokal.

Melalui kolaborasi yang erat antara kampus, pemerintah, dan masyarakat, maka opsi kebijakan pembangunan Kota Bima dapat diambil dengan berbagai cara yang berkelanjutan dan berdampak positif dalam jangka panjang.

“Segera tindaklanjuti audiensi ini dengan langkah-langkah kongkrit dengan menyediakan anggaran khusus kepada masing-masing OPD untuk membiayai riset dan inovasi yang bersifat urgen dalam memajukan geliat pembangunan di Kota Bima. Mulai sekarang agar jajaran Pemerintah Kota segera intens berkomunikasi dengan pihak PTS melalui pembentukan tim khusus guna mewujudkan peran serta kampus dalam mendorong kemajuan Kota Bima,” katanya

Wali Kota Bima juga ingin setelah tim terbentuk, tugas awal yang harus dikerjakan adalah melakukan identifikasi potensi lokal yang dapat dikembangkan menjadi komoditi unggulan dan menjadi andalan guna menunjang geliat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Setelah itu segera identifikasi inovasi dan riset seperti apa serta melibatkan siapa saja baik dari unsur OPD lingkup Pemerintah Kota Bima dan pihak PTS mana yang berkompeten menangani isu strategis tersebut.

“Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk menyediakan dukungan anggaran untuk membiayai rangkaian kegiatan ini,” tambah Rum.

Sementara itu, Ketua Forum PTS Bima Dompu Firdaus mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Bima untuk melibatkan pihak kampus dalam kebijakan pembangunan Pemerintah Kota Bima.

Pihaknya juga berkomitmen akan memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kota Bima dalam mengembangkan riset dan inovasi guna kepentingan kemajuan Kota Bima. Riset dan inovasi akan diarahkan kepada potensi lokal yang dapat dikembangkan sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah kelurahan di Kota Bima.

“Semoga kolaborasi ini dapat terus berjalan dan memberi kontribusi yang kongkrit untuk kemajuan Kota Bima,” harap Firdaus.

*Kahaba-01