Pemilu

Silahturahmi di Kantor Panwascam, 5 Caleg PKS Rasanae Barat Tekankan Soal Politik Uang

1325
×

Silahturahmi di Kantor Panwascam, 5 Caleg PKS Rasanae Barat Tekankan Soal Politik Uang

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- 5 orang calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima menyambangi Kantor Panwascam Rasanae Barat, Senin malam 20 November 2023 untuk mendengarkan arahan Pengawas Pemilu terkait tahapan dan pencegahan pelanggaran Pemilu.

Silahturahmi di Kantor Panwascam, 5 Caleg PKS Rasanae Barat Tekankan Soal Politik Uang - Kabar Harian Bima
Caleg PKS Dapil Rasanae Barat saat bertandang ke Kantor Panwascam. Foto: Bin

Kelima Caleg PKS Dapil Rasanae Barat yang hadir yakni masing-masing H Armansyah, Anwar Arman, Nuraeni, Awaluddin dan Sri Herni. Turut hadir juga Sekretaris Umum PKS Kota Bima Jainuddin.

Silahturahmi di Kantor Panwascam, 5 Caleg PKS Rasanae Barat Tekankan Soal Politik Uang - Kabar Harian Bima

Ketua Panwascam Rasanae Barat Ruslan saat sambutan menyampaikan apresiasi untuk para Caleg PKS Dapil Rasanae Barat, karena sudah berkesempatan hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi terkait tahapan dan pencegahan pelanggaran Pemilu.

“Ini penting dilaksanakan, guna mengetahui dan memahami tentang aturan dan rambu-rambu tetang penyelenggaraan Pemilu,” katanya.

Ia menuturkan, kampanye nanti akan dimulai tanggal 28 November 2023. Para peserta Pemilu mulai diperbolehkan untuk sosialisasi diri, kemudian melaksanakan pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka, dan penyebaran alat peraga kampanye.

“Di dalam pelaksanaan kampanye ada beberapa hal yang diatur, termasuk untuk penyebaran bahan kampanye. Maka berharap semua untuk mematuhi aturan agar sama-sama menciptakan Pemilu yang berintegritas,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Ruslan juga memaparkan berkaitan dengan politik uang. Urusan ini tidak hanya menjadi tugas Pengawas Pemilu, para Caleg juga memiliki peran penting untuk melakukan pencegahan, dengan mentransformasikan pendidikan politik yang baik.

Silahturahmi di Kantor Panwascam, 5 Caleg PKS Rasanae Barat Tekankan Soal Politik Uang - Kabar Harian Bima
Foto bersama Caleg PKS Dapil Rasanae Barat dengan Panwascam. Foto: Bin

“Karena apa yang dilakukan Caleg berkaitan dengan money politic, dapat memberikan informasi kepada masyarakat, sebagai bentuk saling mengawasi semua tahapan,” terang Ruslan.

Dirinya kembali berharap, semua memiliki semangat yang sama untuk melakukan pencegahan. Diajaknya juga agar sama-sama menyukseskan Pemilu agar dapat berjalan aman dan damai.

Di tempat yang sama, Caleg PKS Anwar Arman mengapresiasi kegiatan yang digagas Pengawas Pemilu tersebut. Saat silahturahmi sekaligus sosialisasi tersebut, ada dialog intens dengan pengawas berkaitan dengan geliat isu money politic yang dilakukan oleh caleg incumbent dan non incumbent di Dapil Rasanae Barat.

“Oleh Panwascam berkomitmen apabila menemukan hal itu, akan melakukan tindakan tegas,” ujarnya.

Anwar Arman saat silahturahmi itu betul-betul menekankan soal money politic ini. Penyakit pada Pemilu tersebut tidak boleh terjadi lagi. Maka perlu dilakukan pengawasan maksimal. Seperti partisipasi masyarakat melaporkan apabila menemukannya.

“Kita semua menginginkan Pemilu yang berkualitas, berintegritas sehingga lahir pemimpin dan Anggota Legislatif yang berkualitas juga. Bukan yang hanya datang, duduk dan pikirkan duit semata,” kritiknya.

*Kahaba-01