Kabar Kota Bima

Hadapi Lomba Kebersihan, Kelurahan Sambinae Tata Lingkungan

551
×

Hadapi Lomba Kebersihan, Kelurahan Sambinae Tata Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Penataan dan membersihkan lingkungan terus dilakukan Pemerintah Kelurahan Sambinae bersama masyarakat, guna mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba kebersihan tingkat Kota Bima.

Hadapi Lomba Kebersihan, Kelurahan Sambinae Tata Lingkungan - Kabar Harian Bima
Lurah Sambinae bersama Bhabinkamtibmas dan masyarakat saat gotong royong dalam rangka lomba kebersihan dan penataan lingkungan. Foto: Eric

Kepala Kelurahan Sambinae Amirudin menyampaikan, selama beberapa pekan terakhir sebelum lomba dimulai pihaknya sudah menggiatkan semangat gotong royong, membersihkan setiap lingkungan terutama halaman rumah dan drainase.

Hadapi Lomba Kebersihan, Kelurahan Sambinae Tata Lingkungan - Kabar Harian Bima

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat tinggi, saat diumumkan pelaksanaan lomba warga antusias membersihkan lingkungan,” ujarnya, Senin 27 Februari 2023.

Amirudin mengakui, persiapan menghadapi lomba sedikit ada hambatan karena hujan lebat. Sebanyak 5 Rukun Tetangga (RT) terendam banjir. Namun hari ini, masyarakat sudah kembali membersihkan lagi lingkungan.

Bukan hanya itu saja, persiapan fisik dan non fisik terus digenjot seperti pengecatan pagar, pemasangan atribut umbul-umbul dan dibuatkan aturan masyarakat yang berlandaskan kearifan budaya lokal.

“Inshaa Allah melalui sejumlah persiapan tersebut, kami optimis bisa meraih hasil membanggakan,” katanya.

Memudahkan untuk memudahkan proses gotong royong, terutama air yang terhambat akibat banjir lumpur dan kerikil dari gunung. Pihaknya mendapat bantuan alat berat dari CV Hairul Jaya Karya, untuk membersihkan material yang menyumbat saluran air.

“Bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen bersama dalam membangun lingkungan yang bersih serta bebas dari banjir,” tambahnya.

*Kahaba-04