Kabar Kota Bima

Jelang Ramadan, TPID Pantau Harga Kebutuhan Pokok

405
×

Jelang Ramadan, TPID Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bulan Suci Ramadan 1444 H tidak lama lagi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Bima pun meninjau sejumlah distributor dan pasar guna memantau harga kebutuhan ,,

Jelang Ramadan, TPID Pantau Harga Kebutuhan Pokok - Kabar Harian Bima
Tim Pengendalian Inflasi Daerah saat memantau sejumlah harga bahan pokok di Pasar Amahami. Foto: Ist

“Kita melaksanakan kegiatan ini sesuai arahan dari pemerintah pusat, agar selalu mengecek harga-harga kebutuhan di pasar. Kiranya selalu dipantau dan dimonitor perkembangannya,” ujar perwakilan TPID, Analis Kebijakan Bagian Perekonomian Setda Mukhlis, Kamis 9 Maret 2023.

Jelang Ramadan, TPID Pantau Harga Kebutuhan Pokok - Kabar Harian Bima

Berdasarkan hasil pantauan beberapa pekan ini terdapat sejumlah bahan pokok mengalami sedikit kenaikan, juga ada harga yang turun.

Seperti, harga cabe merah dari Rp 60 ribu perkilogram, sekarang naik menjadi Rp 80 ribu perkilogram. Kemudian harga beras turun dari Rp 15 ribu, kini sudah Rp 13 ribu perkilogram.

“Turunnya harga ini karena sudah banyak hasil panen padi di sejumlah wilayah,” ungkap Mukhlis.

Kemudian harga telur ayam turun, dari Rp 60 ribu perkrat, sekarang sudah Rp 53 ribu perkrat. Harga ayam potong turun dari Rp 50 ribu perkilogram sekarang sudah Rp 45 ribu perkilogram. Sementara harga bawang merah naik secara signifikan, dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu perkilogram.

“Pantauan ini kami dapat di sejumlah distributor bahan pokok, serta di pasar lama dan Pasar Amahami,” katanya.

Mukhlis menambahkan, kegiatan pantauan  ini merupakan kewajiban pemerintah daerah bersama stakeholder dalam menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga.

“Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan untuk memastikan semua harga aman dan terjangkau,” tambahnya.

*Kahaba-04