Kabar Kota Bima

Kelurahan Jatibaru Timur Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran

891
×

Kelurahan Jatibaru Timur Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Masyarakat Jatibaru Timur kembali diramaikan oleh acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Pembukaan yang dihelat Selasa malam, 14 Juni 2023 berlangsung meriah.

Kelurahan Jatibaru Timur Gelar Lomba Musabaqah Tilawatil Quran - Kabar Harian Bima
Foto bersama peserta lomba pada kegiatan MTQ Kelurahan Jatibaru Timur. Foto: Ist

Ketua panitia kegiatan Muhtar Kasipahu saat memberikan laporan mengungkapkan, MTQ ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun untuk membumikan Al Quran dan memperkokoh ikatan keagamaan di masyarakat.

“MTQ juga menampilkan berbagai mata lomba yang menguji kemampuan peserta dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar,” katanya.

Adapun mata lomba yang dilombakan antara lain tilawah, tartil, anak-anak, remaja, dewasa, hafalan 1 Juz, hafalan 5 Juz, kasidah rebana, dan marawis

Diakuinya, para peserta dari berbagai kelompok umur berkompetisi dengan semangat tinggi untuk meraih prestasi terbaik dalam setiap mata lomba.

“Selain menampilkan keahlian membaca Al Quran, lomba kasidah rebana dan marawis juga menghadirkan nuansa keindahan seni budaya islami,” tambahnya.

Panitia MTQ juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta, dewan hakam, dan masyarakat Jatibaru Timur yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Lurah Jatibaru Timur Abdul Karim saat membuka secara resmi menjelaskan, MTQ bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antarwarga dan meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran.

“Kompetisi MTQ ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kemampuan peserta, tetapi juga sebagai wadah bagi mereka untuk meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al Quran,” terangnya.

Pada kegiatan Syiar Islam ini, lurah berharap momentum penting ini dapat semakin memperkuat ikatan keagamaan dan nilai-nilai Al Quran di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga semangat dan semarak MTQ ini dapat terus hidup dan memberikan manfaat yang besar bagi semua,” harapnya.

*Kahaba-01