Kabar Kota BimaPendidikan

Lomba PIK-R Genic Tingkat Nasional, MAN 2 Kota Bima Dinilai Tim Pusat

683
×

Lomba PIK-R Genic Tingkat Nasional, MAN 2 Kota Bima Dinilai Tim Pusat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) bersama BKKBN Provinsi NTB menerima kehadiran tim verifikasi lapangan tingkat nasional, untuk lomba PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima.

Lomba PIK-R Genic Tingkat Nasional, MAN 2 Kota Bima Dinilai Tim Pusat - Kabar Harian Bima
Tim Verifikasi lapangan tingkat nasional saat menilai PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima. Foto: Ist

Acara yang dihelat di halaman MAN 2 Kota Bima ini dihadiri Plt Kepala Kemenag H Mansyur, Staf Ahli M Nor A Madjid, Ketua MUI H Abidin, Plt Kepala BKKBN NTB Syamsul Anam, serta perwakilan tim penilai Pemerintah Pusat Asep Sopari, Anggi Osaka, Nusaibah Tsabitah dan Khansen Pranata Wirantober.

PJ Wali Kota Bima melalui Staf Ahli M Nor A Madjid menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim dari BKKBN RI, yang akan melaksanakan tugas untuk verifikasi sekolah Top 3 Nasional PIK-R tahun 2024, salah satunya MAN 2 Kota Bima.

“Kehadiran tim penilai memberikan makna sangat luar biasa bagi kami di Kota Bima, semoga dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik – baiknya dan memberikan penilaian sesuai dengan kondisi yang ada,” harap Nor.

Sebagai perwakilan Pemerintah Kota Bima, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi diselenggarakannya penilaian dan evaluasi ini, karena akan semakin memacu remaja atau pelajar untuk menggali dan mengembangkan potensi. Kemudian dapat memperoleh masukan yang berguna untuk perkembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang.

“Melalui persiapan yang sangat maksimal dan bagus seperti ini, kami optimis MAN 2 Kota Bima sebagai bagian dari peserta Top 3 nasional PIK-R akan meraih hasil terbaik seperti yang kami harapkan,” katanya.

Nor menjelaskan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah daerah dan Kementerian Agama (Kemenag) bahwa tim PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima terpilih menjadi salah satu percontohan kategori kolaborasi segmentasi usia 20-24 tahun.

Secara garis besar PIK-R merupakan suatu wadah kegiatan program Generasi berencana (genre) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja, guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

“Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia di tahun 2045. generasi ini akan berada pada usia produktif, sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini. Generasi emas ini nantinya diharapkan akan menjadi generasi yang cerdas, inovatif dan unggul,” bebernya.

Sementara itu, perwakilan tim penilai dari BKKBN RI Asep Sopari menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sambutan hangat penuh kekeluargaan dari MAN 2 Kota Bima, pemerintah daerah serta tim PIK-R GENIC.

“Terimakasih atas sambutan meriahnya,” ucap Asep.

Dia mengungkapkan, kehadiran tim tersebut guna melakukan verifikasi profil yang disampaikan tim PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima secara online, sehingga hari ini turun melakukan validasi apakah profil yang disampaikan sesuai dengan yang ada di lapangan.

“Kami hadir untuk memastikan data administrasi dan dokumen lain, apakah sesuai dengan yang ada di sekolah setempat,” tandasnya.

Menurut pantauan sementara kata Asep, tim PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima miliki nilai tambah, karena telah berkomitmen dengan bekerjasama dengan sejumlah instansi dalam menunjang program kerjanya.

Dengan jalinan kerjasama dengan sejumlah instansi tersebut, maka mempermudah pelaksanaan program kerja yang terarah dan efektif.

Asep menegaskan, setelah melakukan verifikasi dari sejumlah aspek, maka selanjutnya tim akan merumuskan dan memberikan penilaian secara profesional, sesuai dengan kondisi ril di lapangan.

*Kahaba-04