Kabar Kota Bima

Pemkot Bima Rakor Persiapan Penanganan Korban Bencana Alam

150
×

Pemkot Bima Rakor Persiapan Penanganan Korban Bencana Alam

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-  Sekda Kota Bima H Mukhtar memimpin rapat koordinasi penanganan bencana angin puting beliung di Kelurahan Oi Fo’o dan korban kebakaran di Kelurahan Pane, di ruang rapat Sekda, Senin 27 November 2023.

Pemkot Bima Rakor Persiapan Penanganan Korban Bencana Alam - Kabar Harian Bima
Rakor persiapan penanganan korban bencana alam. Foto: Ist

Rapat koordinasi tersebut membahas upaya penanganan yang telah dilakukan pasca tanggap darurat kebencanaan ditetapkan pasca bencana yang terjadi.

Pemkot Bima Rakor Persiapan Penanganan Korban Bencana Alam - Kabar Harian Bima

Tahapan tanggap darurat bencana yang telah dilakukan sementara bagi korban bencana angin puting beliung di Kelurahan Oi Fo’o meliputi pemberian bantuan berupa selimut, terpal serta kebutuhan dasar lainnya yang dibutuhkan oleh sejumlah pengungsi.

Sementara itu, penanganan korban kebakaran di Kelurahan Pane RT 02/RW 01 upaya yang telah dilakukan yakni pembersihan puing-puing material kebakaran dan bantuan tanggap darurat sementara.

H Mukhtar menyampaikan, kaitan dengan bantuan rumah yang terdampak akibat bencana angin puting beliung dan kebakaran sejatinya pemerintah selalu siap hadir ditengah duka masyarakat.

Selain upaya tanggap darurat bencana yang telah dilakukan, pemerintah juga tengah mempersiapkan upaya membantu pembiayaan sesuai kerusakan bagi rumah terdampak.

Seperti di Oi Fo’o, Pemkot akan bantu mengupayakan perbaikan kembali rumah warga yang sebagian besar kerusakannya pada atap. Sementara 2 unit rumah kebakaran di Pane pun sama, kita bantu pembiayaannya sesuai kerusakan.

“Semua pembiayaannya baik rumah korban bencana angin puting beliung maupun korban kebakaran kita anggarkan pada APBD Murni tahun 2024,” jelasnya.

H Mukhtar pun berharap agar masyarakat untuk senantiasa mengantisipasi dan menyiapkan diri untuk menghadapi pergantian musim saat ini yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa.

*Kahaba-01