Pendidikan

334 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikut Ujian Kompetensi Keahlian

464
×

334 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikut Ujian Kompetensi Keahlian

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 334 siswa kelas XII SMKN 3 Kota Bima mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan di lingkup sekolah setempat sejak tanggal 1 sampai 10 Maret mendatang.

334 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikut Ujian Kompetensi Keahlian - Kabar Harian Bima
Wakasek Humas SMKN 3 Kota Bima Saiful Akbar saat mendampingi siswa UKK facial wajah. Foto: Eric

Wakasek Humas SMKN 3 Kota Bima Saiful Akbar menyampaikan, ratusan siswa yang mengikuti rangkaian ujian dibagi dalam 2 tahapan, yaitu ujian secara tertulis lalu diikuti kompetensi keahlian dari setiap 10 jurusan yang ada.

334 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikut Ujian Kompetensi Keahlian - Kabar Harian Bima

“Selama pelaksanaan ujian, siswa mendapat pengawasan dari dewan penguji internal dan eksternal sekolah, juga dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang sudah menjalin kerjasama dengan pihak sekolah,” ujarnya, Kamis 2 Maret 2023.

Ia menjelaskan, adapun beberapa program keahlian serta materi ujian yang dilaksanakan yakni, Produksi Kriya Kayu dan Rotan. Pada materi ini pelajar diminta membuat nampan.

Kemudian Produksi Kriya Batik dan Tekstil membatik Motif Batik Mantika, lalu Tata Kecantikan dan Spa membuat facial wajah dan make up fantasi, ada tata boga dengan membuat aneka masakan Indonesia.

Materi multimedia berupa pembuatan aplikasi pembelajaran, lalu DKV membuat desain kemasan produk, untuk jurusan perhotelan berupa pelayanan kamar (House keeping), Usaha Layanan Wisata (ULW) berupa tour guide, kemudian tata busana merancang busana serta desain grafika merancang kemasan kosmetik.

334 Siswa SMKN 3 Kota Bima Ikut Ujian Kompetensi Keahlian - Kabar Harian Bima
Siswa SMKN 3 Kota Bima saat mengikuti UKK membatik. Foto: Eric

“Pelaksanaan UKK ini merupakan salah satu sebagai syarat kelulusan siswa, sehingga sangat penting dan utama seluruh proses dan tahapannya diikuti,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin mengungkapkan, UKK ini merupakan bagian dari penilaian terhadap siswa terkait pengimplementasian pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah selama 3 tahun menempuh pendidikan.

Melalui ujian ini nantinya akan terlihat tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan gurunya Mengukur Kompetensi , dengan mempraktekannya secara langsung.

“Kami berharap dengan adanya UKK ini, para pelajar dapat mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya selama mengenyam dunia pendidikan. Sehingga ke depan bisa bermanfaat bagi dirinya, serta mampu menghasilkan tenaga-tenaga ahli di bidangnya, dengan target siswa 1 usaha yang dicanangkan Pemerintah Nusa Tenggara Barat” bebernya.

Ia menambahkan, bukti dari UKK ini dapat terlihat dari banyaknya alumni sekolah setempat yang telah membuka usaha mandiri, maupun telah banyak terserap dalam dunia kerja.

“Mengingat tahun ajaran baru juga akan segera dimulai, maka kami berharap siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan dan siap bekerja, melanjutkan dan berwirausaha maka SMKN 3 Kota Bima adalah pilihan tepat,” tambahnya.

*Kahaba-04