Pendidikan

Penerapan P5, Siswa SMPN 2 Kota Bima Buat Sabun Cuci Ekonomis

701
×

Penerapan P5, Siswa SMPN 2 Kota Bima Buat Sabun Cuci Ekonomis

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka menerapkan hasil Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa SMPN 2 Kota Bima mengolah barang tidak terpakai menjadi sabun cuci piring bernilai ekonomis.

Penerapan P5, Siswa SMPN 2 Kota Bima Buat Sabun Cuci Ekonomis - Kabar Harian Bima
Siswa SMPN 2 Kota Bima saat membuat sabun cuci piring. Foto: Ist

Kepala SMPN 2 Kota Bima Hj Nurmah menyampaikan, keberhasilan siswanya tersebut merupakan bagian dari kolaborasi ilmu pengetahuan yang didapat di bangku sekolah, kemudian diarahkan guru pembimbing Widya Astuti selama proses pembuatan produk tersebut.

Penerapan P5, Siswa SMPN 2 Kota Bima Buat Sabun Cuci Ekonomis - Kabar Harian Bima

“Proyek pembuatan sabun cuci piring ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran sekaligus menggali potensi yang dimiliki murid, agar jadi produk yang bermanfaat untuk masyarakat, ” jelasnya, Sabtu 4 Februari 2023.

Melalui hasil pembuatan produk itu pula kata Nurmah, menjadi bagian pemberdayaan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa, agar bisa mengembangkan diri untuk berwirausaha.

“Nilai-nilai kewirausahaan sangat penting dikembangkan, sehingga segala sesuatu yang ditanamkan pada diri mereka dapat mempengaruhi perkembangan hidup di masa yang akan datang,” katanya.

Mantan Kepala SMPN 1 itu menambahkan, agar mudah dikenal oleh masyarakat, produk sabun cuci piring ini dinamakan “Spendu Light”. Kemudian sudah mulai dipasarkan melalui koperasi sekolah setempat, dan telah dibeli oleh guru dan pelajar setempat untuk dipergunakan di rumah.

*Kahaba-04