Kabar Kota Bima

Rakor Kepala Bapppeda se-NTB, Bahas Capaian Pembangunan dan Isu Pengembangan Wilayah

892
×

Rakor Kepala Bapppeda se-NTB, Bahas Capaian Pembangunan dan Isu Pengembangan Wilayah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bappeda Provinsi NTB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Kepala Bappeda kabupaten dan kota se-Provinsi NTB, di Aula Geopark, Rabu 11 Oktober 2023. Pertemuan tersebut membahas capaian-capaian pembangunan serta isu-isu penting yang berkaitan dengan pengembangan wilayah Provinsi NTB

Rakor Kepala Bapppeda se-NTB, Bahas Capaian Pembangunan dan Isu Pengembangan Wilayah - Kabar Harian Bima
Suasana Rakor Kepala Bapppeda se-NTB. Foto: Ist

Kegiatan dimaksud dipimpin langsung Kepala Bappeda Provinsi NTB H Iswandi dan dihadiri seluruh Kepala Bappeda kabupaten dan kota se-NTB.

Rakor Kepala Bapppeda se-NTB, Bahas Capaian Pembangunan dan Isu Pengembangan Wilayah - Kabar Harian Bima

Kepala Bappeda Kota Bima Adisan pada pertemuan itu mengajukan usulan agar pemerintah provinsi bisa melakukan pendampingan penyelarasan dokumen perencanaan di kabupaten dan kota. Selain itu, terkait dengan penyusunan dokumen perencanaan.

“Provinsi bisa mengeluarkan Surat Edaran Gubernur sebagai pedoman bagi eksekutif dan legislatif dalam rangka penyusunan dokumen RPJPD 2025-2045 dan RPJMD Teknokratik 2025-2030,” ujarnya.

Dari pelaksanaan Rakor ini sambung Adisan, dihasilkan beberapa kesepakatan bersama antara lain, penyelarasan evaluasi dan dokumen RPJPD dan RPJMD, menyusun Jadwal bersama terkait pentahapan penyusunan dokumen, melibatkan tim ahli utk mengawal indikator makro dan sektoral.

Kemudian menyiapkan draft Surat Edaran Gubernur yang akan dijadikan pedoman bagi eksekutif dan legislatif, melaksanakan koordinasi terkait fasilitasi dan Musrenbang  serta mempersiapkan penyusunan dokumen KLHS kabupaten dan kota.

Menurut Adisan, langkah ini diharapkan akan memperkuat kerjasama dan koordinasi yang lebih baik antara kabupaten dan kota dengan pemerintah provinsi dalam rangka mencapai tujuan pembangunan yang lebih terarah dan berkelanjutan di Wilayah Provinsi NTB.

“Ini juga menjadi langkah yang menjanjikan dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi NTB,” terangnya.

*Kahaba-01