Pemilu

Selama Tahapan Pemilu, Akademisi Minta Media Proporsional dan Netral

831
×

Selama Tahapan Pemilu, Akademisi Minta Media Proporsional dan Netral

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Saat Rakor sinergitas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima dengan Media Massa, di Hotel Marina Inn, Sabtu 18 November 2023, Akademisi Taufik Firmanto sebagai pemateri kegiatan menyampaikan, media memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi, menyampaikan informasi dan edukasi pada masyarakat.

Selama Tahapan Pemilu, Akademisi Minta Media Proporsional dan Netral - Kabar Harian Bima
Akademisi Taufik Firmanto (Kanan) saat menjadi pemateri Rakor Sinergitas Bawaslu Kota Bima dengan Media Massa. Foto: Eric

“Melalui independensi dan netralitas dalam penyiaran dan pemberitaan setiap aktivitas Pemilu, maka akan tercipta demokrasi yang aman, damai dan tertib,” ujarnya.

Selama Tahapan Pemilu, Akademisi Minta Media Proporsional dan Netral - Kabar Harian Bima

Taufik menjelaskan, media sebagai lembaga penyiaran publik tentu diharapkan bisa mengedepankan informasi dan edukasi politik kepada masyarakat.

Dia juga menegaskan, media massa harus berpegang teguh pada kode etik jurnalistik dan UU Pers dalam menjalankan tugas pemberitaan, yang berkaitan dengan proses dan tahapan pelaksanaan Pemilu.

“Media merupakan corong informasi untuk masyarakat, sehingga diharapkan dapat menyiarkan informasi secara netral, proporsional serta berpihak kepada masyarakat sebagai penerima informasi,” katanya.

Taufik berharap, dengan dimulainya tahapan Pemilu, maka media agar tetap netral dengan memberitakan setiap calon peserta Pemilu, tanpa ada keberpihakan dan menyampaikan informasi secara merata.

*Kahaba-04